Beranda NASIONAL Peneliti Indonesia dr Carina Joe Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin AstraZeneca

Peneliti Indonesia dr Carina Joe Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin AstraZeneca

dr Carina Joe
Nama dr Carina Joe kini ramai diperbincangkan public dan patut diacungi jempol. Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris.

Carina Citra Dewi Joe atau dr Carina Joe merupakan wanita peneliti asal Indonesia yang juga salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca bersama Sarah Gilbert.

Perbincangan vaksin ini ramai dibicarakan karena adanya menggratiskan hak paten sehingga harga vaksin AZ menjadi sangat murah harganya.

“Dibidang manufacturing skala besar, itu hak paten saya,” ujar dr Carina Joe dalam kanal YouTube Kompas TV, Jumat (30/07/2021)

Dr Carina Joe memimpin riset pengembangan vaksin Astrazeneca skala besar di Jenner Institute, Universitas Oxford.  Carina merupakan peneliti postdoctoral tergabung di Nuffield Department of Clinical Medicine.

Tugas Carina dalam riset ini agar bisa memproduksi vaksin COVID-19 dalam skala besar dan selesai dengan waktu singkat.

Tujuannya adalah agar vaksin yang dikembangkan di Jenner Institute Oxford University ini dapat segera digunakan dalam clinical trial dan penggunaan masif. dan dengan paten penelitian Dr Carina ini vaksin AZ bisa dikembangkan, diproduksi dan didistribusikan dengan cepat ke seluruh dunia.

“Senangnya, karena vaksin Oxford-AstraZeneca ini sudah disetujui di 178 negara dan sampai awal Juli sudah diproduksi 700 juta dosis,” ujar Carina di Royal Melbourne Institute of Technology, Australia.

Jauh sebelum mendapatkan hak paten vaksin AstraZaneca, peneliti perempuan asal Indonesia itu mempunyai cita-cita sebagai seorang dokter atau insinyur sejak SMA. Tidak hanya itu, Carina Citra Dewi Joe muda juga sangat tertarik dengan bioteknologi dan manipulasi genetika.

Carina amat senang karena kerja keras mati-matian ini membuahkan hasil. Bahkan, banyak nyawa yang berhasil diselamatkan dengan kehadiran vaksin AstraZeneca yang sudah digunakan ratusan juta penduduk dunia.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaRekaman Suara Dugaan Suap Ketua Partai Nasdem dan Anggota DPRD Binjai Beredar di Medsos
Artikel berikutnyaAnies Baswedan Akan Terapkan Wajib Vaksin Sebagai Syarat Membuka Tempat Hiburan