Home GAYA HIDUP Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Menggunakan Asuransi Kesehatan Syariah

Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Menggunakan Asuransi Kesehatan Syariah

asuransi kesehatan syariah

Alasan kuat seseorang ingin membeli asuransi yaitu untuk memberikan perlindungan diri dari berbagai risiko kesehatan yang bisa terjadi kapan saja di masa depan. Salah satu asuransi yang bisa Anda gunakan yaitu asuransi kesehatan syariah. Manfaat menggunakan asuransi kesehatan syariah ini begitu banyak dan akan dijelaskan rinci pada artikel ini.

Saat ini memang banyak sekali perusahaan asuransi yang juga menyediakan asuransi kesehatan termasuk yang berlandaskan prinsip syariah. Produk ini kerap menjadi perbincangan nasabah muslim yang memang menginginkan produk yang benar hal serta terhindar dari berbagai perkara terlarang dalam syariat islam.

Pengertian dan Prinsip Asuransi Kesehatan Syariah

Asuransi kesehatan syariah adalah asuransi yang memberikan pesertanya jaminan kesehatan serta pertanggungan semua biaya pengobatan yang sesuai dengan prinsip syariah. Selain itu pada penentuan premi serta proses klaimnya juga akan berdasar pada prisip syariah yang ada di dalam agama Islam.

Adapun prinsip asuransi kesehatan ini terdapat pada dua akad yaitu akad tijarah dan akad tabarru’. Akad tijarah artinya semua kerjasama dilakukan untuk komersial. Sedangkan akad tabarru’ artinya semua bentuk kerjasama bertujuan untuk tolong menolong dan kebaikan.

Tujuan Asuransi Kesehatan Syariah

Dari pemerintah sendiri sudah menyetujui asuransi ini dan tentunya dengan pengawasan ketat serta peraturan yang jelas. Kemudian MUI juga memperbolehkan asuransi syariah ini dengan catatan bahwa prosesnya memang disesuaikan dengan prinsip serta syariat Islam. Tujuan asuransi ini adalah memberikan perlindungan berupa asuransi kesehatan namun tetap menggunakan prinsip serta syariat dalam agama Islam.

Tentunya dengan munculnya asuransi kesehatan syariah akan memberikan perlindungan serta pertolongan bagi pemegang polis itu sendiri. Lalu upaya ini akan berlangsung dengan adanya dana dari peserta asuransi yang sudah dikelola perusahaan. Kemudian dikembalikan lagi berdasarkan perjanjian yang sudah disepakati.

Manfaat Menggunakan Asuransi Kesehatan Syariah

Asuransi syariah memang selalu mengutamakan keadilan sebab pihak yang berinvestasi harus sama-sama mendapatkan imbalan. Kemudian manfaat menggunakan asuransi kesehatan tersebut dapat dilihat pada ulasan berikut ini.

  • Transparansi pada pengelolaan perusahaan terjaga. Sebab setiap peserta punya hak masing-masing untuk dana yang sudah disetorkan pada perusahaan asuransi. Lalu pada awal perjanjian juga sudah dijelaskan tentang sistem bagi hasil yang sesuai berdasarkan persentase ujrah dan tabarru’.
  • Tidak adanya istilah dana hangus, karena semua premi yang dibayarkan di masa pertanggungan akan kembali lagi ketika masanya sudah selesai.
  • Tidak adanya dana riba, karena dana investasi sendiri penggunaannya sangat jelas serta juga diawasi Dewan Syariah Nasional.
  • Adanya pengawasan serta arahan dari Dewan Syariah Nasional dan pemerintah. Sehingga kehalalannya tetap terjaga dan sesuai iklim ekonomi Indonesia.
  • Manfaat yang didapatkan sama dengan peserta lainnya meskipun peserta sudah tak mampu lagi membayar premi bulanan.
  • Kemungkinan untuk double claim ada pada pembiayaan rumah sakit yang sudah menjalin kerjasama bersama BPJS ataupun pihak asuransi lainnya.

Salah satu contoh dan rekomendasi asuransi kesehatan syariah terbaik untuk Anda adalah asuransi kesehatan syariah Prudential. Produk asuransi ini bisa memberikan Anda perlindungan kesehatan yang lengkap dan komprehensif namun tentu dengan memegang prinsip syariah Islam.

Itulah penjelasan mengenai manfaat menggunakan asuransi kesehatan syariah. Kini Anda sudah memahami mengenai seluk beluk asuransi syariah. Apakah Anda sudah memiliki rekomendasi produk asuransi kesehatan syariah yang akan dibeli? Jika belum, maka asuransi kesehatan syariah Prudential adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Exit mobile version