Beranda INTERNASIONAL Penyelidik PBB Tuduh Venezuela Lakukan Pelanggaran HAM Berat

Penyelidik PBB Tuduh Venezuela Lakukan Pelanggaran HAM Berat

pbb ham venezuela
Penyelidik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan pemerintah Venezuela telah melakukan pelanggaran berat yang merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Kasus pembunuhan, penyiksaan, kekerasan dan penghilangan diselidiki dalam misi pencarian fakta untuk Dewan Hak Asasi Manusia PBB.

Tim PBB mengatakan Presiden Nicolás Maduro dan pejabat tinggi lainnya terlibat.

Duta Besar Venezuela untuk PBB menggambarkan misi itu sebagai “inisiatif kekerasan”.

Duta Besar Jorge Valero mengatakan tahun lalu bahwa tindakan PBB adalah bagian dari kampanye yang dipimpin AS. Tim PBB diblokir untuk bepergian ke negara itu.

pbb ham venezuela

Venezuela menderita krisis ekonomi dan politik yang parah. Jutaan orang telah melarikan diri dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam laporan temuannya pada Rabu, tim PBB mengatakan dinas keamanan Venezuela telah terlibat dalam pola kekerasan sistematis sejak 2014, yang bertujuan untuk menekan oposisi politik dan secara umum meneror penduduk.

Maduro serta menteri dalam negeri dan pertahanan tidak hanya mengetahui kejahatan tersebut, tetapi juga memberi perintah, mengoordinasikan operasi dan sumber daya yang disediakan, kata laporan itu.

Ia meminta Venezuela untuk meminta pertanggungjawaban mereka dan untuk mencegah pelanggaran lebih lanjut terjadi.

pbb ham venezuela

“Misi tersebut menemukan alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa pihak berwenang dan pasukan keamanan Venezuela sejak 2014 telah merencanakan dan melaksanakan pelanggaran hak asasi manusia yang serius, beberapa di antaranya – termasuk pembunuhan sewenang-wenang dan penggunaan penyiksaan secara sistematis – merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan,” ketua misi tersebut, Marta Valiñas, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Jauh dari tindakan terisolasi, kejahatan ini dikoordinasikan dan dilakukan sesuai dengan kebijakan negara, dengan pengetahuan atau dukungan langsung dari komandan dan pejabat senior pemerintah.”

Operasi tipikal mungkin melibatkan senjata yang ditanam di daerah yang dianggap setia kepada oposisi, dengan layanan keamanan kemudian memasuki daerah tersebut dan menembak orang dari jarak dekat, atau menahan, menyiksa, dan membunuh mereka.

BACA JUGA:  Vietnam Evakuasi 1,3 Juta Warga Akibat Topan Molave

 

pbb ham venezuela

Laporan itu juga melihat tanggapan kekerasan terhadap protes oposisi dan penyiksaan orang-orang yang ditahan di sana.

Penyidik membuat kesimpulan setelah memeriksa 223 kasus. Mereka mengatakan hampir 3.000 lainnya menguatkan “pola pelanggaran dan kejahatan”.

Laporan tersebut akan disampaikan kepada negara-negara anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB minggu depan, ketika Venezuela memiliki kesempatan untuk menanggapi.

loading...