Beranda INTERNASIONAL Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte Berhenti dari Jabatannya

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte Berhenti dari Jabatannya

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte mengundurkan diri dalam langkah taktis yang bertujuan memaksimalkan peluangnya untuk memimpin pemerintahan baru.

Conte secara resmi menyerahkan pengunduran dirinya pada hari Selasa kepada presiden, Sergio Mattarella, yang akan memulai konsultasi dengan para pemimpin partai pada hari Rabu.

Jika Mattarella percaya Conte memiliki prospek yang cukup kuat untuk membentuk mayoritas, maka ia dapat diangkat kembali dan ditugaskan untuk membentuk eksekutif baru dengan koalisi yang lebih luas.

Pengunduran diri Conte datang setelah ia selamat dari kepercayaan suara di kedua gedung parlemen pekan lalu setelah mantan perdana menteri Matteo Renzi memicu krisis politik dengan menarik partai kecilnya di Viva Italia.

guiseppe3

Namun, kepercayaan suara meninggalkan Conte hanya dengan mayoritas tipis dan sejak itu ia gagal memperkuat dukungan.

Conte memiliki dukungan dari dua partai koalisi utama – Gerakan Bintang Lima (M5S) dan partai Demokrat (PD) – serta kelompok kiri Free and Equal.

 

Ia bisa berbangga dengan prestasi penangan pandemi di gelombang pertama, ketika negara itu mengalami lockdown selama dua bula. Namun, krisis datang ketika Italia berjuang melawan pandemi dan resesi.

italia

Jika Conte berhasil membentuk koalisi yang luas, hal itu akan menjadi pemerintahan ketiganya dalam waktu kurang dari tiga tahun.

 

“Koalisi baru, baik di bawah Conte atau perdana menteri yang berbeda, tetap menjadi hasil yang paling mungkin,” kata Piccoli. “Namun, diragukan bahwa perdana menteri dan pemerintahan yang lebih efektif akan muncul mengingat komposisi parlemen saat ini dan preferensi partai-partai utama.”