Beranda INOVASI Pilihan Pinjaman Modal Usaha, Untuk Para Pengusaha

Pilihan Pinjaman Modal Usaha, Untuk Para Pengusaha

Pilihan Pinjaman Modal Usaha
Modal usaha adalah salah satu syarat penting untuk para pengusaha. Tanpa modal hampir dipastikan usaha akan sulit tumbuh dan berkembang. Bagaimana mencari pinjaman untuk modal usaha ? Apa pilihan yang ada ?

Menurut Duwitmu.com, ada beberapa pilihan alternatif sumber pinjaman untuk usaha, yaitu:

KUR BRI

KUR BRI atau Kredit Usaha Rakyat adalah produk dari Bank BRI yang populer di kalangan pelaku UMKM. Sesuai namanya, produk ini tujuannya adalah memberikan bantuan modal usaha kepada para pelaku usaha.

Fasilitas mendasar yang sangat penting dalam memulai sebuah usaha. Tidak hanya bank BRI, banyak perusahaan perbankan yang menyalurkan kredit usaha.

Kredit ini sudah mulai diluncurkan oleh Pemerintah pada tahun 2007. Kemudian diperbaharui lagi sejak tahun 2017. Tujuannya adalah sebagai akses kredit, bantuan keuangan kepada pelaku usaha kecil dan menengah dalam mendapatkan modal usaha.

Sebagian pengusaha mungkin tidak mengambil fasilitas kredit di Bank untuk modal usaha karena banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi. Kredit ini sebagai alternatif bantuannya.

Pemberian akses kredit juga bertujuan untuk lebih memberdayakan masyarakat dalam usaha mikro, usaha kecil, menengah dan koperasi. Bagi yang baru memulai usaha maupun yang sudah berjalan. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru dan menekan angka kemiskinan. Masyarakat lebih mandiri secara finansial, yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Negara.

Pelaku usaha yang menjadi target akses kredit usaha adalah UMKM dan koperasi yang bergerak di bidang usaha produktif seperti pertanian, perikanan dan kelautan, sektor industri, perdagangan, kehutanan, dan penyedia jasa layanan. Usaha produktif ini diharapkan akan dapat menggerakkan roda perekonomian rakyat. Bukan hanya di daerah perkotaan tetapi sampai pedalaman desa.

Potensi alam Indonesia yang kaya didukung sumber daya manusia yang kian hari kian kreatif dan produktif adalah modal bagi pertumbuhan ekonomi. Dengan pemberdayaan yang memadai usaha kecil menengah ini akan dapat bersaing dalam era perdagangan global. Meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

BACA JUGA:  Asia Tenggara Wujudkan Masa Depan Berkelanjutan pada 2030 Melalui Investasi Global

Saat ini banyak sekali fasilitas pinjaman untuk modal usaha yang ditawarkan secara online. dengan bunga yang kompetitif. Tetapi KUR BRI masih menjadi pilihan yang menguntungkan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah. Kredit usaha rakyat menawarkan bunga pinjaman yang sangat rendah dibanding pinjaman online manapun.

Bunga yang dibebankan hanya sekitar 1% perbulan flat. Tentu sangat menguntungkan dan tidak memberatkan peminjam. Pihak Bank akan memberikan pilihan nominal uang yang bisa dipinjam sesuai dengan perkiraan nilai jaminan. Selain itu Bank BRI biasanya akan memberikan cashback kepada nasabah jika dalam jangka waktu tertentu pembayaran angsuran rutin tidak terlambat.

Bank juga akan memberikan jaminan asuransi jiwa, kecelakan sampai meninggal dunia kepada nasabah selama masa pinjaman berlangsung. Asuransi ini diberikan secara gratis, nasabah tidak diwajibkan membayar premi. Tetapi nasabah menerima manfaat ketika selama masa pinjaman terjadi resiko kesehatan dan jiwa. Kelebihan ini tidak ditemukan dalam pinjaman online. Sehingga jauh lebih baik jika menggunakan layanan ini.

Kredit modal usaha rakyat diperuntukkan bagi rakyat. Mendorong pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan dan memaksimalkan potensi sumber daya manusia dan alam. BRI sebagai bank yang dekat rakyat, menjadi penyalur kredit usaha yang menjangkau wilayah terpencil. Anda yang ingin memulai dan mengembangkan usaha jangan ragu untuk mengajukan KUR BRI karena aman dan menguntungkan.

Pinjaman Syariah

Pinjaman syariah dinilai lebih meringankan masyarakat karena tidak menyertakan beban bunga dalam pengembaliannya. Melainkan bagi hasil yang nilainya sudah disepakati antara pihak pemberi pinjaman dengan nasabah. Jadi dari awal akad hutang piutang nasabah sudah mengetahui dan menyetujui nilai bagi hasil yang harus dibayarkan kepada pemberi pinjaman.

Nilai bagi hasil relatif jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya. Sehingga tidak membebani nasabah peminjam. Tujuan pemberian pinjaman adalah untuk membantu nasabah dan meningkatkan gairah usaha masyarakat dengan mengharap keberkahan bagi kedua belah pihak. Ini sesuai dengan prinsip syariah.

BACA JUGA:  BAKTI Ajak Startup dan Komunitas Bersinergi Kembangkan Daerah 3T

Nilai angsuran setiap bulannya sama atau flat. Bagi nasabah tentu menjadi angin segar, nasabah bisa menghitung kemampuannya dalam membayar angsuran, memilih tenor pinjaman dan besarnya plafon pinjaman yang dibutuhkan. Sehingga diharapkan tidak terjadi keterlambatan pembayaran. Karena tidak akan terjadi kenaikan jumlah angsuran secara tiba-tiba. Menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Tidak dibebankan biaya administrasi. Biaya ini umumnya memberatkan karena sama saja mengurangi nominal pinjaman yang diberikan. Meskipun sudah diinfokan kepada nasabah di awal kesepakatan pinjaman. Biaya administrasi biasanya dibebankan di awal peminjaman dana. Tetapi dalam sistem syariah tidak ada biaya administrasi untuk pinjaman dalam nominal berapapun.

Menerapkan prinsip-prinsip syariah yang menguntungkan bagi nasabah. Meningkatkan daya guna uang, dana yang mengendap di Bank sebagai hasil dari setoran nasabah digunakan semaksimal mungkin untuk kemanfaatan bersama. Meningkatkan daya guna barang, berhubungan dengan pembiayaan syariah. Meningkatkan peredaran uang, meningkatkan gairah usaha dan menjaga stabilitas ekonomi.

Pinjaman Koperasi

Apa itu Koperasi ? Koperasi merupakan badan hukum yang didirikan oleh perseorangan atau badan hukum koperasi sebagai modal untuk menjalankan usaha, dengan tujuan untuk memenuhi setiap kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, juga budaya sesuai dengan nilai maupun prinsip koperasi yang ada.

Koperasi ini sendiri dijalankan berdasar atas dasar kekeluargaan dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Contoh koperasi online tanpa jaminan yang telah dipercaya di kalangan masyarakat yaitu koperasi dana rahayu. Disini anda hanya isi formulir secara online yang ada dalam situs resminya.

Ada juga koperasi sahabat mitra sejati yang juga diminati banyak masyarakat dengan tujuan untuk melayani beberapa pinjaman seperti pinjaman usaha dan pinjaman konsumtif contohnya. Intinya adalah anda harus mencari koperasi online dimana anda tidak perlu memberikan agunan sebagai persyaratan pinjaman.

BACA JUGA:  ShopeePay 12.12: Semua Rp1 & Voucher 12M Dari Shopee.

Ketika persyaratan tersebut sudah dipenuhi, maka anda bisa secara mudah akan meminjam dana ke koperasi tanpa agunan. Bukan hanya itu, anda hanya mengisi formulir lalu menyerahkannya fotokopi identitas diri. Keberadaan pinjaman koperasi tanpa jaminan jadi memudahkan setiap orang untuk bisa mengakses produk kredit jadi lebih cepat juga efektif.

Adanya koperasi tanpa jaminan ini sangat membantu kalangan masyarakat khususnya yang memiliki keuangan atau ekonomi yang rendah. Dengan hadirnya koperasi ini maka setiap kebutuhan masyarakat pun bisa terpenuhi karena sudah ada yang mendahului keuangan anda. Jangan khawatir dengan koperasi ini karena mereka diawasi penuh oleh pihak yang terkait.

Kesimpulan

Demikian beberapa pilihan pinjaman untuk modal usaha. Pentingnya modal dalam usaha membuat alternatif pinjaman menjadi hal yang sangat penting.

Adanya alternatif pinjaman untuk modal usaha membuat banyaknya pilihan yang bisa disesuaikan dengan dengan kebutuhan dan kondisi masing – masing pengusaha.

loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?