Iklan
Iklan

Platform Kesehatan Online Doctor Anywhere Raih pendanaan US$ 65,7 Juta

- Advertisement -
Doctor Anywhere (DA), penyedia layanan kesehatan online tingkat regional yang berpusat di Singapura, hari ini menyelesaikan pendanaan Seri C. Babak pendanaan ini dipimpin oleh investor pengembangan bisnis, Asia Partners. Selain Asia Partners, pendanaan ini juga diikuti sejumlah investor, termasuk Novo Holdings, Philips, dan OSK-SBI Venture Partners.

Dengan nilai sebesar SGD 88 juta (US$ 65,7 juta), investasi ini menjadi salah satu babak pendanaan privat terbesar yang diraih perusahaan layanan kesehatan di Asia Tenggara.

Sejumlah investor DA sebelumnya juga ikut dalam pendanaan ini, termasuk investor global asal Singapura EDBI, Square Peg, IHH Healthcare, Kamet Capital, dan Pavilion Capital. Dengan pendanaan Seri C ini, investasi total yang diraih Doctor Anywhere sejak terbentuk mencapai lebih dari SGD 140 juta.

Setelah pendanaan ini, Oliver Rippel, Salah Satu Pendiri dan Partner di Asia Partners, dan Dr. Amit Kakar, Senior Partner, Head, Novo Holdings Equity Asia akan bergabung dalam jajaran Dewan Direktur DA.

Sejak diluncurkan pada 2017, DA telah berkembang pesat dan melayani lebih dari 1,5 juta pengguna di Asia Tenggara. Dalam 18 bulan terakhir, pandemi Covid-19 turut mendorong penggunaan layanan kesehatan online (telehealth). Layanan ini bahkan menjadi inovasi yang mendukung industri kesehatan untuk menyediakan layanan bermutu dan terjangkau kepada berbagai keluarga pada masa pandemi.

Lim Wai Mun, Pendiri dan CEO Doctor Anywhere, berkata, “DA ingin menjadi penyedia layanan teknologi kesehatan omnichannel terbesar di Asia Tenggara. DA juga ingin menerapkan teknologi inovatif yang meningkatkan hasil pengobatan pasien sebagai kunci keunggulan layanannya. Kami gembira dengan minat investor-investor terkemuka dalam babak pendanaan ini. Investasi ini menjadi pencapaian penting yang membuktikan visi dan rekam jejak kami.”

DA telah membangun ekosistem sehat yang terdiri atas penanggung biaya kesehatan, penyedia layanan kesehatan, dan pasien di pasar-pasar utama. DA kini didukung sekitar 2.800 dokter dan tenaga kesehatan di Asia Tenggara. Selain itu, DA juga bekerja sama dengan berbagai rumah sakit dan lembaga kesehatan terkemuka.

Dengan pendanaan terbaru ini, DA akan memperkuat kepemimpinan pasar dan terus memperluas jangkauannya di berbagai negara. DA akan berekspansi ke pasar-pasar baru, dan melanjutkan misinya untuk mengubah industri layanan kesehatan di Asia Tenggara melalui teknologi.

“Kami akan memakai pendanaan ini untuk meningkatkan fitur-fitur digital DA, dan memperluas kemampuan DA dalam menghadirkan layanan kesehatan bermutu yang mudah diakses para pengguna di Asia Tenggara,” ujar Lim.

“Kami sangat terkesan atas pencapaian Wai Mun dan timnya yang diraih dalam waktu singkat,” kata Oliver M. Rippel, Salah Satu Pendiri Asia Partners. “Sebagai inovator layanan kesehatan omnichannel di Asia Tenggara, Doctor Anywhere membantu industri kesehatan menjawab berbagai tantangan dan peluang pada dekade mendatang. Kami bangga bermitra dengan DA dan mendukung pertumbuhan berkelanjutannya.”

Kien T. Nguyen, Salah Seorang Pendiri Asia Partners, menambahkan, “DA tengah menjadi pemimpin regional dalam segmen layanan kesehatan omnichannel.

Hal ini terwujud setelah strategi regionalisasi yang dijalankan kalangan perusahaan platform internet generasi pertama di Asia Tenggara.

Perpaduan antara layanan kesehatan online (telehealth) dan layanan secara langsung di fasilitas kesehatan sangat menarik minat pihak asuransi, penyedia layanan kesehatan, dan 650 pasien di berbagai negara. Doctor Anywhere kini menjadi pemimpin di sektor ini.”

Dr. Amit Kakar, Senior Partner, Head, Novo Holdings Equity Asia, berkata, “Kami gembira berinvestasi pada DA, dan mendukung misinya untuk mengubah layanan kesehatan di Asia Tenggara melalui teknologi.

Pandemi telah mempercepat tren yang sebelumnya telah berkembang—layanan kesehatan bermutu, hemat biaya, dan mudah diakses pasien secara online, di mana pun pasien berada. DA menawarkan pendekatan terbaik yang menggabungkan dunia daring dan luring di sektor layanan kesehatan melalui strategi omnichannel.

Dengan demikian, Doctor Anywhere mampu mengusung layanan kesehatan ke jenjang baru, yakni layanan kesehatan yang didukung teknologi. Kami ingin memanfaatkan momentum ini dan terus berkolaborasi dengan Wai Mun dan timnya sebagai pemimpin industri.”

Doctor Anywhere telah tersedia di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Baru-baru ini, DA juga mendirikan pusat teknologi regional di Bangalore, India, dan Ho Chi Minh City, Vietnam.

Tentang Doctor Anywhere

Doctor Anywhere adalah perusahaan penyedia layanan kesehatan online tingkat regional dengan misi mengwujudkan layanan kesehatan yang ringkas, mudah diakses, dan efisien bagi setiap orang.

Platform digital Doctor Anywhere mengatasi kesenjangan di ekosistem layanan kesehatan melalui teknologi dan inovasi, memberdayakan pengguna untuk merawat kesehatan dengan mudah dan efektif lewat aplikasi seluler Doctor Anywhere. Berkantor pusat di Singapura dan menjangkau enam negara di Asia Tenggara, DA kini melayani lebih dari 1,5 juta (dan semakin bertambah) pengguna di Asia Tenggara.

Profil Investor-Investor Baru yang Berpartisipasi dalam Pendanaan Seri C

Berasal dari Singapura, Asia Partners adalah perusahaan investasi yang berfokus pada pengembangan usaha. Asia Partners menyasar kalangan perusahaan teknologi dan perusahaan yang didukung teknologi.

Dana investasi senilai US$ 384 juta, dirilis Asia Partners pada Maret 2021, adalah dana investasi teknologi debutan terbesar dalam sejarah Asia Tenggara. Dana investasi ini melibatkan enam limited partner dari enam benua. Sebelum membentuk Asia Partners, enam pendiri perusahaan ini sempat menjadi eksekutif senior di perusahaan-perusahaan Asia Tenggara, termasuk Naspers, Sea Ltd, Bukalapak, eBay, dan Vinamilk.

Berasal dari Denmark, Novo Holdings A/S adalah perseroan terbatas yang sepenuhnya dimiliki Novo Nordisk Foundation. Novo Holdings A/S adalah induk usaha Novo Group yang terdiri atas Novo Nordisk A/S dan Novozymes A/S. Novo Holdings A/S mengelola berbagai aset Novo Nordisk Foundation.

Novo Holdings dikenal sebagai investor terkemuka dunia yang bergerak dalam ilmu hayati (life science). Novo Holdings ingin menciptakan valuasi bisnis jangka panjang. Sebagai investor dalam ilmu hayati, Novo Holdings menyediakan modal kerja awal dan modal ventura kepada kalangan perusahaan yang tengah berkembang.

Novo Holdings memiliki saham-saham dalam porsi signifikan pada berbagai perusahaan yang tengah berkembang dan perusahaan mapan. Novo Holdings juga mengelola portofolio aset finansial yang terdiversifikasi. Informasi lebih lanjut tersedia di www.novoholdings.dk.

Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) adalah perusahaan teknologi kesehatan yang terkemuka. Philips ingin meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan manusia, serta mewujudkan hasil pengobatan yang lebih baik dalam seluruh siklus kesehatan—dari gaya hidup sehat dan pencegahan penyakit, hingga diagnosis, pengobatan, dan perawatan kesehatan di rumah.

Philips memanfaatkan teknologi canggih dan analisis data teknis serta analisis konsumen guna menghadirkan solusi-solusi yang sangat terintegrasi.

Berkantor pusat di Belanda, Philips menjadi pemimpin industri di segmen-segmen alat pencitraan medis, layanan kesehatan yang memanfaatkan pencitraan, pemantauan pasien, dan informasi medis, serta kesehatan konsumer dan perawatan kesehatan di rumah.

Berbasis di Malaysia, OSK-SBI Venture Partners adalah pengelola dana investasi yang didirikan OSK Ventures International Bhd, perusahaan private equity asal Malaysia, dan SBI Ventures Malaysia Sdn Bhd (anak usaha SBI Holdings Inc, perusahaan jasa keuangan asal Jepang). OSK-SBI Venture Partners menyasar perusahaan-perusahaan swasta potensial di ASEAN.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA