Beranda INTERNASIONAL Putin: Penanganan Covid-19 Rusia Lebih Baik Daripada Amerika

Putin: Penanganan Covid-19 Rusia Lebih Baik Daripada Amerika

covid-19 rusia
Vladimir Putin mengatakan Rusia telah menangani wabah Covid-19 lebih baik daripada AS, di mana ia mengklaim “kepentingan partai” telah menghambat upaya untuk mengelola pandemi.

Presiden Rusia mengatakan pada hari Minggu bahwa tanggapan Amerika terhadap virus tersebut dan protes anti-rasisme baru-baru ini adalah tanda-tanda “krisis internal yang mendalam” di negara itu, yang telah mencatat jumlah kematian tertinggi akibat Covid-19 di dunia.

Putin mengklaim Rusia bangkit dari epidemi dengan “kerugian minimal” – meskipun keakuratan statistik pemerintah di negara itu telah dipertanyakan.

Rusia memiliki jumlah infeksi virus corona tertinggi ketiga di dunia, dengan 528.964 kasus terkonfirmasi, di belakang AS dan Brasil, tetapi hanya mencatat 6.948 kematian.

Namun, Alexei Venediktov, editor stasiun radio Echo liberal Moskow, melaporkan pada hari Selasa bahwa enam ribu lebih orang meninggal di Moskow selama bulan Mei, menempatkan Rusia di antara negara-negara yang paling terdampak di Eropa.

BACA JUGA:  Macron Presiden Paling Dibenci Umat Islam Dunia Ini Ternyata Nikahi Wanita Selingkuhannya yang Lebih Tua 24 Tahun

Dalam sebuah wawancara dengan CNN minggu ini, juru bicara Kremlin mengatakan angka kematian yang rendah di Rusia karena perawatan kesehatan “efektif” di negara itu tetapi tidak menjelaskan untuk apa artinya itu.

“Kami bekerja dengan lancar dan bangkit dari situasi covid-19 ini dengan percaya diri dan dengan kerugian minimal … tetapi di AS itu tidak terjadi,” kata Putin dalam wawancara dengan Russia-1.

Dia mengklaim negaranya lebih berhasil dalam mengelola krisis karena para pejabat di tingkat federal dan regional telah bekerja sebagai satu tim tanpa perselisihan.

“Saya tidak bisa membayangkan seseorang di pemerintah pusat atau wilayah mengatakan kami tidak akan melakukan apa yang dikatakan pemerintah atau presiden,” katanya.

“Tampaknya bagi saya bahwa masalahnya [di AS] adalah kelompok itu, dalam hal ini partai, kepentingan ditempatkan di atas kepentingan masyarakat secara keseluruhan, di atas kepentingan rakyat.”

BACA JUGA:  Kematian Akibat Covid-19 di Eropa Meningkat Drastis

Putin juga mengkritik kekerasan pada demonstrasi anti-rasisme AS, yang sebagian besar telah berlangsung damai, sementara mendukung warga kulit hitam Amerika yang memprotes ketidaksetaraan.

“Jika ini memperjuangkan hak-hak alami, hak-hak hukum, berubah menjadi kekacauan dan kerusuhan, saya melihat tidak ada yang baik bagi negara,” katanya.

BACA JUGA:  NASA: Bulan Mengandung Air, Dapat Tunjang Kehidupan
loading...