Beranda INTERNASIONAL Qatar Janjikan Bantuan $360 Juta untuk Gaza

Qatar Janjikan Bantuan $360 Juta untuk Gaza

Pemerintah Qatar pada hari Minggu waktu setempat mengatakan akan memberikan bantuan sebesar $360 juta untuk Jalur Gaza selama tahun mendatang.

Bantuan ini memperbarui program yang telah membantu mengurangi pertempuran antara Israel dan penguasa Hamas militan wilayah itu.

Mengutip AP, negara Teluk yang kaya energi ini telah menyediakan $20 juta untuk Gaza setiap bulan sejak tahun 2018.

qatar and palestine 1

Dana ini digunakan untuk membayar listrik yang sangat dibutuhkan, membantu Hamas menutupi gaji pegawai negerinya dan memberikan $100 stipend bulanan untuk keluarga miskin.

Qatar telah menyediakan dana tambahan untuk proyek pembangunan seperti jalan baru dan rumah sakit.

Israel dan Hamas merupakan musuh yang telah berperang tiga kali sejak kelompok militan Islam menguasai Gaza pada tahun 2007.

Pertempuran itu, dikombinasikan dengan blokade Israel dan terus bertempur dengan otoritas Palestina. Pertempuran ini merusak ekonomi Gaza.

qatar and palestine child dring

Bantuan Qatar yang disampaikan melalui perjanjian Israel ini telah memberikan beberapa bantuan kepada ekonomi lokal dan dipandang sebagai faktor dalam mencegah ketegangan yang berlama-lama antara Israel dan Hamas tumpah ruah ke dalam pertempuran yang baru.

Pengumuman Qatari datang ketika Hamas dan Otoritas Palestina berusaha menyelenggarakan pemilu baru di wilayah Palestina. Pemungutan suara dimaksudkan sebagai langkah kunci menuju rekonsiliasi.

qatar