Rapat Paripurna DPRD, Bupati Jawab Pandangan Umum Fraksi

rapat paripurna
Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Bupati Rusma Yul Anwar jawab pandangan fraksi-fraksi DPRD setempat, terhadap penyampaian nota pengantar ranperda tentang RPJMD tahun 2021-2026.

Rapat paripurna DPRD Pessel tersebut diselenggarakan pada hari ini Rabu (4/8/2021) di ruang rapat paripurna DPRD setempat dipimpin langsung ketua DPRD Hermizen, dan didampingi wakil ketua DPRD Aprial Abbas dan beberapa Fraksi-Fraksi DPRD serta Bupati Rusma Yul Anwar, Sekda Luhur Budianda, dan jajaran Kepala Dinas dilingkup pemerintah daerah.

Dimana dalam jawaban pandangan fraksi itu, Bupati Rusma Yul Anwar menyampaikan dokumen RPJMD yang tertuang dalam misi strategis Bupati diantaranya, memberikan perlindungan dan jaminan sosial bagi masyarakat. Guna meningkatkan produktivitas masyarakat miskin.

Setelah itu, menyediakan layanan infrastruktur dasar bagi masyarakat miskin di Pesisir Selatan, dan meningkatkan pemenuhan infrastruktur penunjang sektor unggulan.

“Kemudian, terkait langkah-langkah pemerintah dalam meningkatkan sektor SDM dimasa pandemi. Dimana, pendidikan formal proses pembelajaran tetap dilaksanakan melalui daring maupun tatap muka,” kata Rusma Yul Anwar.

Ditambahkan Bupati, untuk peningkatan peran generasi muda dalam pembangunan dan mengembangkan wirausaha muda. Sehingga, mereka mampu merespon perubahan dan melewati masa pandemi ini.

Rapat paripurna

“Sehubungan dengan masukkan saudara fraksi dalam RPJMD yang disusun perlu memuat kebijakan layanan kesehatan untuk menekan laju kenaikan pasien Covid-19. Hal itu, telah dituangkan dalam misi ke-2,” katanya.

Sebagaimana misi ke-2 tersebut diantaranya, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatkan cakupan peserta jaminan kesehatan bagi masyarakat Pessel.

Lanjutnya, Bupati juga menyampaikan jawaban dari pandangan 9 fraksi-fraksi DPRD seperti, fraksi dari partai PAN, PKS, Golkar, Demokrat, PDI, Partai Bintang Karya Bangsa (Gabungan), fraksi Partai Persatuan Hati Rakyat Indonesia (Gabungan), dan fraksi Gerindra.

“Dengan disampaikannya jawaban ini kami dari pemerintah daerah berharap. Jika penjelasan kami belum lengkap bisa dibahas dalam pembahasan berikutnya,” tutup Bupati Rusma Yul Anwar.

Sementara itu, pimpinan rapat ketua DPRD Pessel, Ermizen mengucapkan terimakasih atas jawaban yang diberikan oleh saudara Bupati, untuk selanjutnya DPRD akan mengadakan Pansus atas jawaban tersebut.

“Demikianlah rapat paripurna hari ini, kami selaku pimpinan menutup rapat hari ini, dan ucapan terimakasih pada semuah yang telah hadir dalam ruang sidang rapat paripurna kali ini,” singkatnya.(Kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments