Iklan
Iklan

Refly Harun Sebut Ali Ngabalin Hanya Petugas Istana

- Advertisement -
Pengamat Politik Refly Harun langsung menanggapi sindiran yang disampaikan oleh Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin yang menyebut di kepala ahli hukum tata negara itu hanya ada fitnah dan kebencian.

Menurut Refly Harun, diperlukan survei apakah ia atau Ali Ngabalin yang dipercaya. “Sekali-sekali disurvei itu, percaya saya atau percaya Ali Ngabalin. Kalau misalnya saya enggak dipercaya. Yah sudah enggak apa-apa minta maaf, tapi kalau dia (Ali Ngabalin, red) nggak dipercaya mestinya malu dia sebagai komunikator istana,” ungkapnya di laman YouTubenya, Sabtu (7/5/2022) malam.

Refly Harun mengatakan, bukan menambah bobot komunikasi istana, tapi malah menambah runyam komunikasi. “Jadi kesalahannya bukan pada kritik itu sendiri, Tapi pada kemampuan komunikator istana untuk mengkomunikasikan hal-hal yang baik,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, tidak ada tuntutan agama yang menyuruh untuk menghina orang. “Kalau saya dibilang fitnah, fitnah apa?” tanya Refly Harun.

Menurutnya, apa yang dilakukan dalam konsep demokrasi adalah check and balances, antara civil and society. “Yah ini Ngabalin nggak paham atau pura-pura nggak paham,” imbuhnya.

Dalam negara demokrasi, kata Refly, rakyat berdaulat. “Saya ngapain mengkritik Ali Ngabalin, toh ia hanya petugas istana saja. Bedanya dia dapat gaji dari negara, itu soal lain. Tetapi dalam konsep state dan civil society tidak terlalu penting,” bebernya.

Berbeda dengan Presiden Jokowi, kata dia, diberikan tugas konstitusional untuk mensejahterakan rakyat dan mencerdaskan bangsa. “Kalau dia melenceng dari tugas konstitusi tersebut, maka justru di situlah kita harus mengingatkannya sebagai rakyat dan itu adalah hak konstitusional yah,” urainya.

Sebelumnya, Ali Mochtar Ngabalin kembali sindir Refly Harun. Dia menilai isi kepala Refly Harun hanya ada fitnah dan kebencian. Itu diungkapkan Tenaga ahli Kantor Staf Presiden (KSP) ini di akun Twitternya.

“Isi kepala dan hatimu penuh fitnah dan kebencian, memang mudah melihat kusutnya pakaian orang lain dari pada sobeknya pakaian kamu,” tulis Ali Ngabalin, @AlingabalinNew, Sabtu (7/5/2022).

Sindiran itu setelah pengamat Politik Refly Harun memberikan analisis terkait Joko Widodo pindah salat Id dari Jakarta ke Jogja yang membuat panas dua komunikator istana.

Selama ini, beber Refly Harun, mereka sering sekali menggunakan narasi atau serangan verbal terhadap siapapun yang mengkritik Presiden Jokowi dengan mengatakan hal-hal yang sebenarnya tidak menggambarkan intelektualitas yang menggambarkan perilaku preman jalanan.

“Tapi Sekali lagi mohon maaf yah. Ini istilah dalam tanda kutip tentunya,” ujar Refly Harun.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA