Beranda INTERNASIONAL Rusia Balas Belanda dengan Rencana Pengusiran 2 Diplomatnya

Rusia Balas Belanda dengan Rencana Pengusiran 2 Diplomatnya

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa mereka telah memanggil diplomat Belanda Joost Reintjes pada hari Senin, sebagai balasan atas pengusiran dua diplomatnya┬ádi Belanda awal bulan lalu atas tuduhan memata-matai yang “tidak sesuai dengan status diplomatik mereka”.

Dinas intelijen Belanda (AIVD) mengatakan keputusan itu diambil setelah mereka mengungkap jaringan spionase di Belanda yang menargetkan industri teknologi tinggi, sebagaiama yang dilaporkan EuroNews.

russia2

Moskow merespons tuduhan itu “tak berdasar” dan menuduh Belanda sengaja merusak hubungan internasional.

“Sekali lagi, otoritas Belanda telah menggunakan metode favorit mereka untuk membuat tuduhan yang tidak berdasar dan memfitnah,” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri.

“Langkah yang tidak bersahabat dan provokatif ini, serta babak baru histeria anti-Rusia, yang diselenggarakan oleh Den Haag dengan bantuan media pro-pemerintah, menunjukkan kurangnya akal sehat dan pemahaman di lingkaran kekuasaan Belanda.”

belanda

Kedua diplomat Belanda itu memiliki waktu dua minggu untuk meninggalkan negara itu, tambah Kementerian.

 

Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para diplomat “melakukan pekerjaan mereka untuk Belanda secara profesional dan berkomitmen”.

“Mereka sekarang benar-benar tidak adil dan tanpa kesalahan mereka sendiri telah diusir oleh Rusia,” tambah Blok.

rusia media internet belanda

Pengusiran diplomat telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir di seluruh Eropa dengan latar belakang meningkatnya ketegangan antara negara besar ini dengan negara-negara Barat.

Hubungan Rusia-Belanda mulai tegang sejak penyelidikan jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH17 tahun 2014 di Ukraina bagian timur, yang menewaskan seluruh penumpang, 298 orang.

Jaksa Penuntut Belanda mengatakan pesawat itu ditembak jatuh dengan rudal yang disediakan Rusia, tuduhan ditolak oleh