NASIONAL

Saefullah Meninggal Dunia karena Infeksi Berat Jaringan Paru Akibat Covid-19

Saefullah
Meninggalnya Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah diumumkan oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti. Ia juga menyampaikan penyebab meninggalnya mantan Wali Kota Jakarta Pusat ini.

Saefullah meninggal disebabkan shock sepsis irreversible dengan ARDS (Sindrom distres pernapasan akut) dan terkonfirmasi Covid-19.

“Siang ini, Bapak Sekda kita, Bapak Saefullah, telah berpulang. Bapak Saefullah meninggal karena shock sepsis irreversible pada ARDS, yaitu infeksi berat pada jaringan paru dan seluruh sistem tubuh akibat infeksi Covid-19,” ujar Widya, Rabu (16/9/2020).

Jakarta

BACA JUGA:  Pasien Positif Covid-19 Capai Rekor Tertinggi, Terjadi Penambahan 4.176 Kasus

Gangguan tersebut kata Widya, membuat Saefullah gagal bernapas sehingga oksigen di dalam tubuh pun tidak memadai. “Menyebabkan gagal bernapas yang tidak dapat diperbaiki dan tidak bisa terjadi pertukaran oksigen yang memadai,” ujarnya.

Saefullah wafat pada pukul 12.55 WIB, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta Pusat, akibat terinfeksi Covid-19 pada usia 56 tahun.

BACA JUGA:  Febri Diansyah Mundur dari KPK, Ternyata Ini Penyebabnya

Sebelumnya Saefullah menjalani perawatan di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan, sejak 8 September 2020, hingga akhirnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto pada Minggu (13/9) dini hari.



Saefullah telah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta sejak 17 Juli 2014. Sebelumnya, Saefullah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat pada tahun 2008-2014.

BACA JUGA:  Covid-19 Makin Mengancam, Luhut Perintahkan Terawan Segera Blusukan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Saefullah merupakan sosok birokrat yang tidak pernah izin pulang lebih awal saat menghadiri rapat karena alasan sakit. “Dalam pengalaman saya bekerja bersama Bapak Sekda, tidak pernah beliau izin pamit karena sakit,” ujar Anies ketika melepas jenazah Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020).

loading...