Iklan
Iklan

Saiful Basri Sebut Rencana Pengeboman Dilakukan Sebagai Aksi Teror atas Ditangkapnya Rizieq Shihab

- Advertisement -
Terduga teroris, Saiful Basri, yang diburu Densus 88 Antiteror Polri, akhirnya menyerahkan diri ke Polsek Pasar Minggu pada Kamis kemarin.

Saiful Basri mengakui bahwa dirinya membuat bom yang rencananya akan diledakkan di sebuah SPBU di Jalan Raya Bogor.

Saiful Basri awalnya memberikan pengakuan bahwa dirinya adalah anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) pada 1998. Dia juga hadir dalam pembuatan bom yang dilakukan oleh terduga teroris yang sebelumnya sudah ditangkap polisi, Habib Husein dan Zulaimi Agus.

“Saya atas nama Saiful Basri selaku anggota Laskar FPI tahun 1998 saya mengetahui rencana pembuatan yang dilakukan oleh Habib Husein dan Zulaimi Agus, saya mengetahui dan ikut serta dalam percobaan bahan peledak dan pembuatan sumbu yang dilakukan oleh Zulaimi Agus, Ahmad Junaidi dan Malik. Saya ikut serta acara sumpah dan ikrar kepada ulama dan tidak berkhianat kepada kelompok Habib Husein yang dilakukan di salah satu Musola di dekan UIN Tangerang Selatan,” ujar Saiful Basri dalam tayangan video, Jumat (16/4/2021).

Dia mengatakan dirinya juga ikut menghadiri persidangan Habib Rizieq di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur. Dia menghadiri persidangan sebanyak 3 kali.

“Saya ikut dan menghadiri acara persidangan Habib Rizieq sebanyak 3 kali dengan tujuan memberikan dukungan kepada Habib Rizieq Shihab. Saya membeli dan menyiapkan bahan campuran peledak berupa arang bersama dengan Noval atas perintah Bambang,” ujarnya.

Terduga teroriss ini mengatakan peledak itu akan diledakkan di SPBU Jalan Raya Bogor. Pengeboman itu, kata Saiful Basri, digunakan sebagai tindakan teror atas ditangkapnya Habib Rizieq Shihab.

Saiful Basri

“Adapun tujuan pembuatan bahan peledak dengan sasaran pom bensin Pertamina milik China, pipa gas di Jalan Raya Bogor sebagai bentuk teror agar negara merasa rugi sebagai wujud protes ditangkapnya Habib Rizieq Shihab,” ungkapnya.

Selain itu, Saiful juga melakukan survei lokasi yang akan dibom itu. Dia juga belajar ilmu kebal agar tidak terluka.

“Saya juga ikut kegiatan survei lokasi di sasaran ledakan yaitu pipa di daerah Jalan Raya Bogor bersama dengan Bambang dan Noval. Saya ikut di acara pengisian ilmu kebal di Haji Popon dengan tujuan tidak terluka pada saat mengikuti aksi demonstrasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Saiful Basri menyerahkan diri ke Polsek Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis kemarin. “Benar,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono melalui pesan singkat, Kamis (15/4/2021).

Berdasarkan informasi yang dikutip dari detikcom, terduga teroris ini diamankan di Polsek Pasar Minggu. Selanjutnya, ia diserahkan kepada Densus 88 Antiteror untuk penyelidikan lebih lanjut.

Sementara itu, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan terduga teroris ini menyerahkan diri pada pukul 06.00 WIB kemarin.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA