Iklan
Iklan

Salah Satu Manusia Pertama di Bulan Meninggal Dunia

- Advertisement -
Michael Collins – salah satu dari tiga anggota misi berawak pertama ke Bulan, Apollo 11 pada tahun 1969 – meninggal pada usia 90 tahun, kata keluarganya.

Dia meninggal pada Rabu setelah pertempuran sengit melawan kanker. Dia menghabiskan hari-hari terakhirnya dengan damai, dengan keluarganya di sisinya, kata mereka.

Collins tetap berada di orbit bulan saat rekan-rekannya Neil Armstrong dan Buzz Aldrin berjalan di Bulan.

Aldrin, 91, sekarang satu-satunya anggota misi itu yang masih hidup.

Dalam sebuah pernyataan, keluarga Collins mengatakan bahwa “Mike selalu menghadapi tantangan hidup dengan rahmat dan kerendahan hati, dan menghadapi ini, tantangan terakhirnya, dengan cara yang sama”.

nasa apollo 11 bulan

“Kami akan sangat merindukannya. Namun kami juga tahu betapa beruntungnya Mike menjalani kehidupan yang dia jalani.

“Kami akan menghormati keinginannya agar kami merayakan, bukan berkabung, atas kehidupannya.”

Pada 16 Juli 2019, Collins mengunjungi Florida’s Kennedy Space Center – situs tempat misi dimulai tepat 50 tahun sebelumnya.

Berbicara di landasan peluncuran 39A – tempat roket kru itu memulai misi bersejarah – dia menjelaskan perasaannya selama lepas landas.

“Gelombang kejut dari kekuatan roket menghantam Anda,” kata Collins kepada Nasa TV. “Seluruh tubuhmu gemetar. Ini memberimu konsep yang sama sekali berbeda tentang apa sebenarnya arti kekuatan.”

nasa apollo 11 bulan

“Anda ditangguhkan di kokpit … saat Anda lepas landas,” lanjutnya. “Sejak saat itu, perjalanan menjadi lebih tenang, lebih rasional, dan sunyi sampai ke Bulan.

“Kami kru merasakan beban dunia di pundak kami, kami tahu bahwa semua orang akan melihat kami, teman atau musuh.”

Pada 16 Juli 1969, Neil Armstrong, Buzz Aldrin dan Michael Collins berada di dalam pesawat ruang angkasa Apollo mereka di atas roket Saturn V dan didorong ke orbit hanya dalam waktu 11 menit.

Empat hari kemudian, Armstrong dan Aldrin menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di permukaan bulan. Collins tetap di modul komando selama misi.

nasa apollo 11 bulan

Kata-kata Armstrong, yang disiarkan TV ke dunia, memasuki sejarah: “Satu langkah kecil seseorang, satu lompatan besar bagi umat manusia.”

Sekitar 400.000 orang ikut bekerja pada program tersebut, dengan biaya pada saat itu sebesar $25 miliar.

Para kru kembali ke Bumi dan terjun ke Samudra Pasifik pada 24 Juli.

Diperkirakan 650 juta orang di seluruh dunia menyaksikan pendaratan di Bulan. Bagi AS, pencapaian tersebut membantu mereka menunjukkan kekuatannya kepada penonton dunia.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA