HUKUM

Sebarkan Berita Hoaks Jokowi Terinfeksi COVID-19, Pelaku Ditangkap di Payakumbuh

Sebarkan Berita Hoaks Jokowi Terinfeksi COVID-19, Pelaku Ditangkap di Payakumbuh
Pelaku diketahui berinisial KTK (51), langsung ditangkap Mabes Polri dan diamankan di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat (Sumbar)

Beberapa waktu lalu, beredar berita bohong atau hoaks di Sumatera Barat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan terinfeksi Virus Corona (Covid-19).

Namun, pelaku diketahui berinisial KTK (51), langsung ditangkap Mabes Polri dan diamankan di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat (Sumbar) beberapa waktu lalu. Hal ini dibenarkan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dalam pidatonya saat hadir dalam Rapat Koordinasi penanganan corona di Auditorium Gubernuran Sumbar, dikutip dari langgam.id, Senin (23/3/2020).

Toni menegaskan, dalam penanganan Covid-19, pihaknya juga mengawasi berita hoaks lainnya yang kini beredar di Sumbar. Terutama soal penanganan Virus Corona oleh Pemerintah Provinsi Sumbar.

“Tetapi justru yang ditemukan untuk Jakarta yang pelakunya di sumbar, sudah kita tangkap di Kota Payakumbuh dan serahkan ke Jakarta. Karena mendeskriditkan pimpinan tertinggi negara,” kata Toni.

Namun, hingga saat ini, kata Toni, khusus di Sumbar belum ada kasus berita hoaks terkait penanganan Virus Corona. “Namun sampai saat ini, dari Cyber Crime Polda Sumbar belum menemukan kasus hoaks di Sumbar. Tapi isu dilempar ke tingkat pusat dan itu sudah ditangkap” katanya.

Terkait kasus ini, juru bicara istana Fadjroel Rachman juga sempat mengomentari melalui akun Instagram pribadinya:

PENYEBAR HOAX ‘Jokowi Positif Corona’ DITANGKAP di PAYAKUMBUH, SUMATERA BARAT https://t.co/jVIYXBg4f6 < Berhentilah membuat pernyataan2 negatif, hoax & fitnah dalam perang melawan Covid19. Mari GOTONG-ROYONG BERTINDAK POSITIF, MENOLONG SESAMA! ~ FR

BACA JUGA:  Walikota Seoul, Korea Selatan Menghilang Secara Misterius
loading...