Seekor Lumba-lumba Terdampar di Pantai Sumbar

lumba-lumba
Seekor lumba-lumba ditemukan terdampar di pinggir Pantai Cermin, Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar) pada Sabtu (22/5/2021) siang. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar pun angkat bicara.

Informasi tersebut pertama kali diketahui setelah diposting oleh akun Instagram dengan nama pengguna @pariaman.terkini via pengirim bernama Refa Seprianti.

“Ada lumba-lumba terdampar di Pantai Cermin Pariaman. Sepertinya ekosistem laut kita sudah tidak baik,” kutipan kalimat dari akun tersebut.

“Biasanya karena faktor ekologi, seperti tidak ada makanan di habitatnya yang menyebabkan hewan laut itu tersesat dan bisa ditemukan terdampar di pinggir pantai atau perairan,” kata Eka.

Namun Eka tidak menampik bahwa kejadian hewan laut terdampar tersebut bukan kali pertama terjadi di Sumbar.

“Saya belum mencermati informasinya, jadi saya tidak tahu ukuran hewan itu, apa besar atau kecil. Umumnya faktor ekologi, sebelumnya juga ada kejadian serupa di Pantai Padang,” katanya.

Dirinya juga mengaku belum mendapatkan laporan resmi dari instansi terkait seperti Balai Pengelolaan Sumber Daya dan Pesisir Laut (BPSPL).

“Yang jelas ada prosedur penanganannya, jika hewan itu telah mati, akan dikuburkan untuk mencegah penyebaran penyakit yang bisa saja menyebar kemana-mana,” imbuh Eka.(Kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments