Beranda INFO SEHAT PENYAKIT Segera Atasi Campak Sebelum Jadi Pneumonia!

Segera Atasi Campak Sebelum Jadi Pneumonia!

Campak dan Paru-paru basah atau pneumonia merupakan dua penyakit yang berbeda. Jika campak adalah penyakit yang hanya disebabkan oleh virus, sedangkan pneumonia bukan hanya disebabkan oleh virus.

Penyakit pneumonia juga dapat disebabkan oleh bakteri dan jamur. Pneumonia merupakan penyakit berbahaya yang dapat berujung pada kematian dan menjadi salah satu komplikasi campak yang perlu diwaspadai.

Melansir Halodoc, risiko mengalami paru-paru basah akan semakin tinggi jika campak dialami oleh anak-anak. Kuman campak dapat langsung menyebabkan pneumonia. Campak dapat berkembang menjadi paru-paru basah karena menyerang mukosa di dalam tubuh, termasuk mukosa saluran pernapasan.

Segera Atasi Campak Sebelum Jadi Pneumonia! 1

Mukosa merupakan lapisan lendir dari seluruh saluran di dalam tubuh. Jika lapisan lendir yang terdapat di saluran pernapasan mengalami peradangan, maka tubuh akan sangat rentan terinfeksi virus atau bakteri lainnya. Peradangan itulah yang memicu seseorang lebih rentan terkena paru-paru basah, baik karena virus maupun bakteri.

Segera Atasi Campak Sebelum Jadi Pneumonia! 2Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, penting bagi anak melakukan vaksinasi lengkap, salah satunya ialah imunisasi campak. Bukan hanya campak saja yang merupakan imunisasi wajib, ada beberapa imunisasi lain yang dapat diberikan guna menurunkan risiko penyakit pneumonia di kemudian hari. Beberapa imunisasi tersebut meliputi:

  • Imunisasi Haemophilus influenzae tipe b (Hib);
  • Imunisasi influenza.
  • Imunisasi pertusis (DPT);
  • Imunisasi pneumokokus (PCV);

Jika anak sudah mendapatkan imunisasi lengkap, maka tubuh dengan sendirinya akan membentuk kekebalan terhadap bakteri atau virus penyebab pneumonia.

Segera Atasi Campak Sebelum Jadi Pneumonia! 3

BACA JUGA:  Meski Jarang Timbul, Henti Jantung Mendadak Miliki Gejala
loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?