SUARA RAKYAT

Sejumlah Ormas di Palembang Tolak Kedatangan Ratna Sarumpaet dan Rocky Gerung

IndeksNews – Rencana kedatangan Ratna Sarumpaet dan Rocky Gerung ke Palembang ditolak oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas). Kehadiran dua tokoh ini di palembang rencananya menjadi pembicara dalam sebuah diskusi di kota itu.

Koordinator Aliansi Sipil Palembang (ASP, Andreas OP menilai, kedatangan keduanya sebagai salah satu upaya melakukan gerakan #2019gantipresiden. Gerakan itu dikhawatirkan akan menyulut kekacauan dan mengganggu stabilitas Bumi Sriwijaya yang tengah menggelar Asian Games 2018.

“Kami khawatir mereka membuat kekacauan di Palembang, apalagi sekarang ada Asian Games. Jadi kami imbau jangan digelar di sini,” ujar Andreas, Kamis (30/8/2018).

Menurut Andreas, diskusi yang bakal digelar di Palembang pada 1 September 2018 itu sudah pasti mengumpulkan massa yang bisa berakibat adanya gesekan antar masyarakat. Dampak negatif inilah perlu diantisipasi karena menyangkut nama baik Indonesia di mata dunia.

“Gesekan inilah yang kami khawatirkan. Jangan sampai menimbulkan konflik,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mendesak aparat keamanan untuk mengambil langkah tegas berupa tidak mengeluarkan izin penyelenggaraan diskusi publik itu. Jika masih tetap digelar, pihaknya mengancam akan menghadang kedua tokoh begitu tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

“Kami minta ketegangan dari aparat keamanan. Jangan sampai merusak kedamaian dan kerukunan di Palembang,” katanya.

Diketahui, Ratna Sarumpaet dan Rocky Gerung akan menjadi pembicara dalam diskusi publik ‘Selamatkan Indonesia Kembali ke UUD 1945, Mutlak’ di salah satu hotel di Palembang, Sabtu (1/9/2018). Diskusi yang digelar oleh Gerakan Selamatkan Indonesia (GSI) 2018 itu juga menghadirkan sejumlah pembicara lain.

Comments

comments

loading...