Iklan
Iklan

Seluruh Gubernur dari 34 Provinsi Diundang Jokowi ke IKN Nusantara

- Advertisement -
Seluruh gubernur dari 34 provinsi diundang ke IKN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke IKN Nusantara. Presiden juga diagendakan berkemah di Kawasan IKN tersebut, namun hanya lima gubernur yang ikut menginap berkemah bersama Jokowi.

“Karena ini Ibu Kota Negara Nusantara, tamu akan memakai pakaian adat Nusantara dari masing-masing provinsi. Namun rencananya yang akan menginap berkemah bersama Presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yaitu Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara,” ujar Gubernur Kaltim H Isran Noor, Jumat (11/3/2022).

Agenda kemah ini akan dilaksanakan pada 13 dan 14 Maret 2022. Isran juga mengatakan persiapan kemah sudah berjalan baik.

“Alhamdulillah persiapannya sudah dikerjakan, dan pada hari-H nanti sudah 100 persen dan kemahnya sudah dapat dipergunakan Presiden beserta rombongan. Ini berkat kerja sama Sekretariat Negara dan pihak-pihak terkait, seperti Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, terutama persiapan kemah yang akan ditempati Presiden Joko Widodo,” ujar Isran.

Isran Noor juga menjelaskan, dalam acara tersebut, Jokowi akan memberikan arahan kepada gubernur se-Indonesia. Termasuk syukuran dan melakukan ritual adat menyambut pembangunan IKN Nusantara.

“Selain itu, ada ritual masing-masing gubernur membawa 1 liter air yang berasal dari daerah masing-masing. Air tersebut nantinya akan dimasukkan dalam satu wadah yang sudah dipersiapkan panitia,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan situs Pemprov Kalteng, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan para gubernur se-Indonesia akan mengikuti pengarahan langsung oleh Presiden Jokowi. Adapun Jokowi dijadwalkan akan berkemah di Titik 0 IKN pekan ini.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi juga dijadwalkan bakal melakukan beberapa kegiatan. Nantinya rencana berkemah juga akan disertai dengan pertemuan bersama tokoh adat di Kalimantan Timur, mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis, dan Jawa.

Dalam agenda itu juga akan ditampilkan karya seni budaya dari beragam suku di Kalimantan Timur. Selain itu, akan dilakukan doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke Sepaku.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA