Beranda INTERNASIONAL Setelah Kebakaran Hutan, Australia Diancam Banjir dan Badai

Setelah Kebakaran Hutan, Australia Diancam Banjir dan Badai

Hujan lebat dan badai petir menghantam sebagian pantai timur Australia, memadamkan sebagian dari kebakaran hutannya tetapi membawa ancaman banjir ke beberapa daerah.

Hujan lebat terjadi di negara bagian Victoria, New South Wales (NSW) dan Queensland, yang terkena dampak terburuk oleh kebakaran hutan.

Jalan-jalan utama ditutup di Queensland dan pemadaman listrik dilaporkan di beberapa bagian NSW akibat cuaca.

Tetapi petugas pemadam kebakaran mengatakan hujan membantu mengatasi beberapa kobaran api.

Australia telah menghadapi kebakaran hutan sejak September, menewaskan sedikitnya 28 orang, menghancurkan ribuan rumah dan menghanguskan jutaan hektar tanah.

NSW melaporkan curah hujan dan badai hebat di beberapa daerah, dan memperingatkan potensi banjir.

Petugas pemadam kebakaran di negara bagian mengatakan mereka memanfaatkan hujan dan suhu yang lebih dingin untuk mencoba mengatasi kebakaran hutan yang tersisa. Sekitar titik 75 kebakaran masih menyala di negara bagian itu pada hari Sabtu, turun dari lebih dari 100 beberapa hari yang lalu.

“Hujan terus turun di sejumlah titik api, namun Pantai Selatan dan sepanjang perbatasan masih belum menerima uap air,” kata Dinas Pemadam Kebakaran di Twitter.

Mereka juga mendesak orang-orang untuk meluangkan waktu untuk membahas rencana penyelamatan jika terjadi kebakaran hutan.

Negara bagian Queensland memiliki curah hujan terberat yang pernah dialami Australia dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa jalan utama ditutup dan daerah perumahan banjir, tetapi tidak ada kematian atau cedera yang dilaporkan.

“Hujan deras dan hebat telah mereda, tetapi hujan dan badai masih mungkin terjadi sepanjang akhir pekan. Berhati-hatilah di jalan – jika banjir, lupakan saja,” tulis Biro Meteorologi di Queensland di Twitter pada hari Sabtu.

Peramal cuaca di Victoria mengatakan badai mungkin terjadi di sebagian besar negara bagian tengah dan timur pada Sabtu. “Badai petir bisa menjadi parah karena jatuh hebat di timur laut negara bagian itu. Angin yang merusak dan hujan es yang besar adalah sedikit risiko,” kata Biro Meteorologi negara.

BACA JUGA:  Griya Pijat Eiffel Digerebek, Terapis Layani Pelanggan Tanpa Busana

Kebakaran hutan besar terus mengamuk pada hari Sabtu di daerah-daerah di selatan dan tenggara negara itu – termasuk di Pulau Kanguru – yang sejauh ini tidak mendapat hujan.

loading...