Beranda TEKNOLOGI SMS Tipu-Tipu Berhadiah Ratusan Juta Rupiah Selalu Bikin Muak, Begini Cara Melaporkannya

SMS Tipu-Tipu Berhadiah Ratusan Juta Rupiah Selalu Bikin Muak, Begini Cara Melaporkannya

SMS
Nyaris setiap hari, ada saja SMS tipu-tibu yang masuk ke nomor seluler anda. Sekalipun anda menyadari bahwa SMS itu merupakan SMS spam, namun kadang sangat mengganggu anda sebagai pengguna seluler.

Bahkan, akhir-akhir ini tidak hanya SMS tipu-tipu dengan iming-iming hadiah ratusan juta rupiah yang masuk ke nomor seluler anda, namun SMS spam dengan tawaran pinjaman online juga sangat mengganggu dan bikin risih.

SMS tipu-tipu dengan tawaran pinjaman online ini nyaris setiap jam anda terima. Kadang isinya beragam, mulai dari pinjaman bunga nol persen sampai kepersoalan pemberitahuan bahwa orang yang memiliki hubungan dengan anda belum melunasi hutang dan lain sebagainya.

SMS

BACA JUGA:  SEO Mesin Telusur yang Penting Dioptimalkan di Website Anda, Kenali Cara Menggunakannya.

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengungkapkan pihaknya kesulitan untuk membendung pengiriman SMS spam apabila nomor tersebut berasal dari nomor perseorangan, bukan dari operator seluler.

“Selain SMS yang pengirimnya adalah operator seluler, memang akan sulit mencegah orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk mengirim SMS-SMS yang diindikasikan penipuan dan sebagainya,” ujar Komisioner BRTI I Ketut Prihadi Kresna.

Namun, BRTI telah menyediakan layanan aduan yang bisa dimanfaatkan masyarakat apabila mereka menerima SMS spam, baik itu yang mengindikasikan penipuan, penawaran modal usaha, investasi, atau lainnya yang bersifat mengganggu, salah satunya lewat akun Twitter @aduanBRTI.

SMS

BACA JUGA:  Fitur Baru WhatsApp Akan Tandingi Zoom

“Pelanggan bisa mengadukan SMS-SMS seperti itu, untuk kemudian kami blok nomor SMS pengirimnya. Layanan pengaduan ini sudah tersedia sejak 2018. Layanan SMS seperti ini bisa dilakukan oleh siapa pun, karena nomor-nomor HP bisa dikirim acak saja,” ujarnya.

Inilah cara melaporkan SMS spam yang bisa dilakukan masyarakat:

  1. Tak hanya SMS spam, BRTI juga menerima aduan panggilan telepon spam yang tidak dikehendaki pelanggan.
  2. Kirim rekaman percakapan atau capture (screenshot) pesan dan nomor telepon pemanggil atau pengirim spam, serta nomor telepon kalian yang telah teregistrasi yang divalidasi nomor KK dan nomor NIK.
  3. Kirim bukti-bukti tersebut ke akun Twitter BRTI @aduanBRTI. Kalian bisa nge-tweet lewat Direct Message (DM) agar lebih privasi.

 

loading...