Beranda EKONOMI Subsidi Gaji Tahap II Mulai Disalurkan Kepada 3 Juta Pekerja, Silahkan Cek...

Subsidi Gaji Tahap II Mulai Disalurkan Kepada 3 Juta Pekerja, Silahkan Cek Rekening Anda

Subsidi Gaji
Subsidi gaji bagi para pegawai swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan silakan cek rekening masing-masing.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan subsidi gaji tahap II telah mulai disalurkan kepada 3 juta pekerja.

BACA JUGA:  Bantuan Bagi Pelaku UMKM Masih Terbuka, Ini Cara Mengaksesnya

Ida Fauziyah mengatakan, penyaluran subsidi gaji ini dilakukan setelah Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pengecekan terhadap data yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami menerima tahap kedua pada tanggal 1 September 2020 kami melakukan check list, di juklaknya maksimal 4 hari. Telah selesai hari ini, setelah selesai langsung kami sampaikan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN),” ujar Ida, Jumat (4/9/2020)

BACA JUGA:  Bantuan UKM dari Facebook Kembali Dibuka, Ini Syaratnya

Dari KPPN kata Ida, subsidi gaji ini langsung disalurkan ke bank penyalur, dalam hal ini adalah Bank Himbara, kemudian dari bank tersebut langsung ditransfer ke calon penerima program subsidi gaji  baik itu bank-bank pemerintah atau bank-bank swasta.

Subsidi Gaji

Ida juga menjelaskan, Kriteria penerima bantuan subsidi gaji sesuai dengan Permenaker 14/2020 adalah Warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan nomor Induk Kependudukan, terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kepesertaan, pekerja/Butuh penerima gaji/upah, kepesertaan sampai dengan bulan Juni 2020.

Sedangkan syarat lainnya, peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan gaji/upah di bawah Rp 5 juta sesuai gaji/upah terakhir yang dilaporkan oleh pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan tercatat di BPJS Ketenagakerjaan, serta memiliki rekening bank yang aktif.

BACA JUGA:  Bantuan UKM dari Facebook Kembali Dibuka, Ini Syaratnya

Pemerintah menargetkan penerima bantuan subsidi gaji ini sebanyak 15,7 juta orang dimana total anggaran yang disiapkan Rp 37,7 triliun. Nantinya, bantuan subsidi ini akan ditransfer langsung ke penerima manfaat dalam 2 tahap.  Bantuan yang diberikan Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

loading...