Iklan
Iklan

Suriah Akan Gelar Pemilihan Presiden di Tengah Perang

- Advertisement -
Suriah akan mengadakan pemilihan presiden pada 26 Mei, Pilpres kedua di negara itu ketika mengalami perang saudara, yang tampaknya akan membuat Presiden Bashar al-Assad tetap berkuasa.

Pengumuman itu dibuat oleh ketua parlemen pada hari Minggu.

Warga Suriah di luar negeri akan dapat memberikan suara di kedutaan pada 20 Mei, kata Hammouda Sabbagh dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa calon kandidat dapat menyerahkan pencalonan mereka mulai Senin.

Jutaan orang yang mengungsi akibat perang berkepanjangan di Suriah tidak memenuhi syarat untuk memberikan suara.

suriah presiden

Presiden Assad, yang mengambil alih kekuasaan setelah kematian ayahnya Hafez pada tahun 2000, belum secara resmi mengumumkan akan mencalonkan diri kembali dalam pemilihan umum.

Dia memenangkan pemilu sebelumnya pada 2014, tiga tahun setelah penumpasan berdarah terhadap pengunjuk rasa anti-pemerintah dan di tengah konflik yang berkecamuk. Saat itu, dia mendapatkan hampir 90 persen suara.

Sejak itu, intervensi militer Rusia telah membantu Assad untuk mendapatkan kembali wilayah dari pejuang oposisi, yang sekarang menguasai sebagian kecil tanah di wilayah barat laut negara itu.

Di bawah konstitusi Suriah 2012, seorang presiden hanya boleh menjalani dua masa jabatan tujuh tahun – dengan pengecualian presiden yang dipilih dalam pemilu 2014.

suriah presiden

Kandidat harus terus tinggal di Suriah selama setidaknya 10 tahun, yang berarti bahwa tokoh oposisi di pengasingan yang berjuang untuk mengakhiri 51 tahun pemerintahan keluarga Assad dilarang mencalonkan diri.

Kandidat juga harus mendapat dukungan dari setidaknya 35 anggota parlemen, yang didominasi oleh partai Baath Assad.

Partai tersebut memenangkan suara mayoritas dalam pemilihan parlemen Suriah tahun lalu.

Pemilu itu juga dilakukan di tengah pandemi virus corona dan krisis ekonomi.

suriah presiden

Negara ini sedang menghadapi situasi pangan dan listrik yang memburuk, dengan banyak orang di daerah yang dikendalikan pemerintah mengantri untuk mendapatkan bahan bakar dan roti.

Pemadaman listrik yang terputus-putus telah memaksa bisnis lokal tutup, yang meningkatkan tingkat pengangguran dalam beberapa bulan terakhir.

Nilai pound Suriah telah anjlok di pasar gelap, dipercepat oleh krisis keuangan di negara tetangga Lebanon serta sanksi AS.

Perang selama satu dekade telah menewaskan sedikitnya 500.000 orang dan jutaan orang terlantar.

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA