Iklan
Iklan

Terkuak Peran Azis Syamsuddin Dalam Kasus Suap Penyidik KPK, Politisi Golkar Inipun Dicekal

- Advertisement -
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dicegah ke luar negeri. Pencegahan politisi partai Golkar ini terkait kasus dugaan suap kepada penyidik KPK AKP Stepanus Robin.

Surat permintaan pencegahan Azis Syamsuddin ke luar negeri dilayangkan KPK sejak 27 April 2021. Plt juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan, selain Azis, ada dua orang lain yang turut dicegah ke luar negeri.

“Pelarangan bepergian ke luar tersebut terhitung mulai 27 April 2021 hingga selama 6 bulan ke depan,” ujar Ali, Jumat (30/4).

Ali mengatakan, pencegahan Azis Syamsuddin ini dilakukan untuk kepentingan penyidikan. Yakni guna percepatan pemeriksaan dan menggali bukti-bukti lain.

“Agar pada saat diperlukan untuk dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan pihak-pihak tersebut tetap berada di wilayah Indonesia,” ujarnya.

KPK beberapa waktu lalu memang sempat menggeledah rumah dan kantor Azis selaku Wakil Ketua DPR. Penyidik sudah mengamankan sejumlah dokumen terkait kasus suap dari kantor dan rumah dinasnya.

Azis Syamsuddin

Dalam perkara ini, seorang penyidik KPK AKP Stepanus Robin diduga menerima suap Rp 1,3 miliar dari Wali Kota Tanjungbalai Syahrial. Suap diduga agar AKP Stepanus Robin menghentikan penyelidikan KPK terkait kasus dugaan suap jual beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai yang melibatkan Syahrial.

Nama Azis Syamsuddin mencuat seiring munculnya kasus ini. Sebab, Azis disebut sebagai pihak yang memperkenalkan AKP Stepanus Robin kepada Syahrial. Pertemuan itu bahkan dilakukan di rumah dinas Wakil Ketua DPR.

Diduga, pertemuan itu kemudian berujung kesepakatan suap. Sementara Azis diduga mengenal AKP Stepanus dari ajudannya yang merupakan sesama polisi.

Sudah ada tiga orang yang dijerat sebagai tersangka. Yakni AKP Stepanus Robin dan seorang advokat bernama Maskur Husain sebagai tersangka penerima suap. Serta Syahrial sebagai tersangka pemberi suap. Sedangkan Azis Syamsuddin masih berstatus saksi.

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA