Iklan
Iklan

Ternyata Pangkat Pilot Bisa Dilihat dari Jumlah Setrip pada Seragamnya

- Advertisement -
Saat berpapasan dengan pilot di bandara, traveler mungkin bertanya-tanya dengan seragam yang mereka kenakan. Selain identik dengan warna putih, kamu pasti pernah melihat garis setrip yang terpasang di lengan baju atau bahu pilot tersebut. Bukan sekadar hiasan, ternyata ada arti tersendiri dari setrip yang terpasang di seragam pilot dan sesuai pangkat pilotnya, lho. Begini penjelasannya!

Dilansir kumparan, setrip garis di lengan baju atau bahu tersebut menjelaskan tanggung jawab atau pangkat pilot di pesawat. Seperti halnya profesi lain, profesi pilot juga memiliki pangkat pilot tersendiri.

Namun, sebelum mengetahui maksud dari jumlah setrip yang ada di seragam pilot lebih lanjut. Mari kita mundur sedikit ke belakang untuk menyimak bagaimana mulanya seorang pilot wajib mengenakan seragam.

Awal Sejarah Seragam Pilot

Penggunaan seragam pilot diperkirakan telah ada sejak sebelum tahun 1930-an. Saat itu, seorang pilot tidaklah mengenakan seragam formal lengkap dengan simbol pangkat dan sebagainya.

Di masa lalu, pilot atau juru kemudi pesawat terbang adalah profesi yang dianggap sangat berbahaya dan penuh petualangan. Tak seperti pesawat modern zaman sekarang, dahulu pilot kebanyakan mengendarai pesawat dengan area kokpit yang terbuka.

Untuk itu, mereka akan mengenakan pakaian hangat seperti jaket kulit berbahan domba atau jaket bomber, lengkap dengan sarung tangan, syal, dan sepatu boot. Mereka juga diwajibkan untuk mengenakan helm.

Selain selalu berpakaian lengkap ala militer, hal tersebut dilakukan untuk membuat mereka tetap hangat sepanjang perjalanan.

Perubahan Seragam Pilot di Akhir Era 1930-an

Namun, semua itu berubah ketika industri penerbangan memasuki akhir era 1930-an. Saat itu, Pan American Airways, maskapai asal Amerika Serikat memperkenalkan seragam baru untuk pilot.

Mereka yang saat itu mengoperasikan pesawat Boeing 314 (Boeing 314 Clipper), mewajibkan para pilot untuk mengenakan pakaian ala angkatan laut.

Seragam pilot awak Pan American Airways didominasi oleh jaket double-breasted biru tua dengan manset lengan dan topi.

Setelah itu, beberapa maskapai lain mengikuti jejak Pan American Airways, dan mereplikasi seragam dengan harapan dapat membantu mereka mencapai kesuksesan seperti maskapai tersebut.

Sejak itu, tidak ada perubahan yang signifikan mengenai seragam yang dikenakan pilot.

Hal itu kemudian berubah sejak abad ke-17. Lencana atau setrip garis yang digunakan di seragam militer akhirnya diaplikasikan ke seragam pilot.

Lencana atau setrip garis pada seragam tersebut menandakan pangkat pilot dan kedudukan seseorang. Bagi pilot, semakin banyak garis yang dimiliki, maka semakin banyak pula pengalaman mereka di udara.

Arti Setrip di Seragam Pilot

Setrip yang terpasang di lengan atau bahu pilot menandakan pangkat pilot dan juga pengalaman mereka di industri penerbangan. Seorang pilot maskapai penerbangan biasanya memiliki satu, dua, tiga, atau empat setrip di seragam mereka.

Pilot dengan satu setrip berarti cadet pilot yang menduduki posisi ketiga atau trainee. Satu garis ini biasanya tidak digunakan untuk pilot maskapai penerbangan. Tetapi kadang-kadang digunakan untuk peserta latihan penerbangan.

Adapun, dua setrip menandakan mereka adalah seorang second officer atau perwira kedua. Pilot dengan dua setrip memiliki jabatan sebagai perwira kedua atau insinyur penerbangan. Perwira kedua adalah awak pesawat yang bertugas untuk memantau dan mengoperasikan sistem pesawat.

Berikutnya, pilot dengan 3 setrip menandakan mereka adalah seorang First Officer. Mereka adalah kopilot atau komandan kedua pesawat terbang.

Seorang First Officer biasanya duduk di bagian sebelah kanan pesawat. Tugas seorang kopilot adalah membantu captain selama penerbangan berlangsung.

Selain itu, seorang FO juga memiliki dua tanda pangkat, yaitu senior dan junior yang dibedakan dari pengalaman, serta jumlah jam terbang yang dimiliki.

Empat setrip adalah pangkat pilot tertinggi. Pilot dengan empat setrip merupakan seorang captain atau mereka yang mengoperasikan pesawat terbang atau pilot in command.

Captain biasanya duduk di sebelah kiri di dalam cockpit (ruang kemudi). Biasanya empat setrip tersebut berwarna emas, walaupun ada juga beberapa maskapai yang menggunakan warna putih.

Terakhir, seorang Flight Enginer (FE) memiliki tiga buah garis pangkat pilot yang biasanya agak sedikit berbeda. Kebanyakan maskapai penerbangan menambahkan garis bayangan berwarna ungu di antara garis pangkat pada seragam FE.

Seorang FE biasanya duduk di belakang Captain dan First Officer. Walau FE tidak menerbangkan pesawat seperti Captain dan First Officer, FE memiliki tugas yang sama pentingnya, yaitu memonitor dan mengoperasikan, serta bertanggung jawab atas bekerjanya sistem pesawat tersebut.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA