HUKUM

Terungkap, Tin Zuraida Istri Nurhadi Ternyata Pernah Nikah Siri dengan PNS di MA

Sofyan Rosada, salah seorang saksi wiraswasta dicecar oleh penyidik KPK perihal hubungan antara Tin Zuraida, istri mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi, dengan pegawai negeri sipil di MA, Kardi.

“Penyidik mendalami keterangan saksi mengenai hubungan Tin Zuraida dengan Kardi,” ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dikutip dari Tempo, Selasa (16/6/2020).

Tin Zuraida
Tin Zuraida
BACA JUGA:  Walikota Seoul, Korea Selatan Menghilang Secara Misterius

Sofyan diperiksa oleh KPK sebagai saksi untuk tersangka Nurhadi dalam penyidikan kasus suap dan gratifikasi terkait dengan perkara di MA pada 2011-2016.

Sebelumnya, KPK juga telah memeriksa Kardi sebagai saksi dalam penyidikan kasus itu, Rabu lalu, 10 Juni 2020. “Penyidik mengonfirmasi dan mendalami keterangan saksi terkait adanya dugaan aset milik TZ (Tin Zuraida/istri Nurhadi) yang berada di bawah kekuasaan saksi Kardi,” ujar Fikri ketika itu.

Sementara, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, juga pernah mengungkapkan bahwa Tin dengan Kardi telah menikah secara siri pada 2001. Sedangkan saksi Rosada adalah pemimpin Pondok Pesantren Darul Sulthon Al Husaini yang merupakan tempat Tin Zuraida dan Kardi menikah secara siri itu.

Tin Zuraida
Tin Zuraida
BACA JUGA:  Walikota Seoul, Korea Selatan Menghilang Secara Misterius

Tin sebelumnya juga pernah disebut lolos dalam seleksi terbuka yang digelar Kementerian PANRB pada tahun 2016 lalu. Namun kendati lolos secara prosedur serta memenuhi syarat, namun Tin dinilai mempunyai rekam jejak yang tidak sesuai dengan etika.

Saat kasus dugaan suap penanganan perkara pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat diusut KPK, Tin diduga pernah berupaya menghilangkan barang bukti. Ia diduga pernah berupaya membuang uang dan dokumen yang terkait perkara pada saat rumahnya digeledah KPK.

Tin Zuraida, juga pernah diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait rekening gendut suaminya. Dia mengaku saat itu banyak sekali transfer uang dengan jumlah besar ke rekeningnya terkait usaha burung walet suaminya.

BACA JUGA:  Walikota Seoul, Korea Selatan Menghilang Secara Misterius

Tin Zuraida ditangkap bersama Nurhadi dan sang menantu, Rezky Herbiyono, di sebuah rumah di Jakarta Selatan pada Senin, 1 Juni 2020. Tin dibawa ke gedung KPK, namun statusnya masih sebagai saksi.

Nurhadi dan Rezky telah ditetapkan sebagai tersangka penerima suap dan gratifikasi senilai Rp 46 miliar mengenai pengurusan sejumlah perkara di MA pada 16 Desember 2019. Selain Nurhadi dan Riezky, tersangka lain dalam perkara ini adalah Hiendra, tersangka pemberi suap. Hingga kini, Hiendra masih buron.

loading...