Beranda NASIONAL Tim Pakar Satgas Covid-19 Kaget, Kasus Corona Melonjak Makin Tajam

Tim Pakar Satgas Covid-19 Kaget, Kasus Corona Melonjak Makin Tajam

Satgas Covid-19
Dewi Nur Aisyah, anggota tim pakar Satgas COVID-19 Nasional mengaku kaget dengan penambahan kasus corona yang cukup tinggi pada minggu lalu. Padahal sebelumnya cukup stabil.

“Pada pekan terakhir terjadi peningkatan kasus tinggi sekali 32,9 persen. Kemarin pas saya analisis juga kaget, ini apa yang terjadi di pekan terakhir,” ujar Dewi di gedung BNPB, Rabu (2/9/2020).

BACA JUGA:  Kota Padang Jadi Daerah Tertinggi Aktif Covid-19 di Indonesia

Dewi kemudian menyampaikan data yang diperoleh bahwa memang terlihat lonjakan signifikan antara minggu ketiga dan minggu keempat Agustus.

“Sebelumnya kita lihat tiga minggu terakhir angkanya cukup stabil, naik 4 persen turun 0,1 persen. Tiba-tiba di pekan terakhir naik sampai 32,9 persen dari pekan sebelumnya,” ujarnya.

BACA JUGA:  Najwa Shihab Kembali Disorot, Bongkar Pelaku Pembakaran Halte Sarinah

Pada minggu ketiga ada 14.019 kasus corona. Sementara di minggu keempat melonjak makin tajam menjadi 18.638 kasus.

Dewi pun langsung mencari tahu apa yang terjadi. Ternyata ada penambahan kasus signifikan di 5 provinsi. “Jadi kita lihat apa sih yang terjadi di sana? Ternyata memang ada peningkatan kasus di beberapa provinsi. 4 dari 5 penyumbang kasus tertinggi ada di Pulau Jawa,” ujar Dewi.

BACA JUGA:  Natuna Satu-Satunya Wilayah di Indonesia Terbebas dari Covid-19

“Nah, jadi kalau kita lihat ada Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, penyumbang corona tertinggi,” pungkasnya.

loading...