Home OLAHRAGA Timnas Thailand Pesta Gol ke Gawang Indonesia di Leg 1 Final Piala...

Timnas Thailand Pesta Gol ke Gawang Indonesia di Leg 1 Final Piala AFF 2020

Timnas Thailand
Timnas Thailand membuat Indonesia tak berdaya di leg pertama partai final Piala AFF 2020, Rabu (29/12) malam. Bertanding di National Stadium, Singapura, laga ini dimenangi Thailand 4-0.

Gol-gol kemenangan Timnas Thailand dicetak oleh Chanathip Songkrasin (2′, 52′) Supachok Sarachat (67′) serta Bordin Phala (83′).

Hasil ini lag aini tentu membuat langkah Indonesia untuk menjuarai AFF makin berat di leg kedua. Pertandingan leg kedua akan diselenggarakan pada 1 Januari 2022.

Pada awal laga Timnas Thailand langsung tancap gas. Belum satu menit pertandingan berjalan, Bordin Phala menyisir sisi kanan pertahanan Indonesia. Ia masuk ke kotak penalti dan menciptakan situasi kemelut. Bola berhasil dibuang.

Timnas Thailand akhirnya mampu mencetak gol cepat di menit kedua. Chanathip Songkrasin melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti yang tak mampu dibendung Nadeo Argawinata. 1-0 Thailand unggul.

Pada menit kedelapan, Phitiwat Sukjitthammakul melakukan percobaan tembakan dari luar kotak penalti. Sepakannya melebar dari sasaran.

Indonesia terus ditekan oleh Timnas Thailand. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawannya selalu kesulitan mengembangkan permainan. Mereka coba melancarkan serangan balik cepat, namun selalu gagal di tengah lapangan.

Thailand memperoleh peluang emas memasuki menit 13. Bordin Phala melepaskan sepakan first time yang kemudian dihalau di garis gawang. Yusef Elias Dolah coba memanfaatkan rebound, namun sundulannya berada tipis di atas mistar.

Indonesia berhasil melakukan serangan balik kilat di menit 23. Mereka masuk ke kotak penalti, namun peluang tersebut gagal usai Irfan Jaya melakukan pelanggaran saat mencoba melepaskan tembakan.

Indonesia melepaskan sepakan pertama di menit 36. Asnawi Mangkualam menendang bola dari luar kotak penalti via kaki kiri. Bola tidak menemui sasaran.

Alfeandra Dewangga nyaris menyamakan kedudukan di menit 41. Lewat serangan balik kilat, Dewangga menerima bola umpan Witan Sulaeman di depan gawang Thailand. Sepakannya melambung dari target.

Nadeo Argawinata melakukan penyelamatan gemilang jelang babak pertama usai. Ia ‘terbang’ menepis bola usai sepakan pemain Thailand tajam mengarah ke gawang.

Pelatih Shin Tae-yong coba melakukan perubahan memasuki babak kedua. Evan Dimas, Kadek Agung hingga Elkan Baggott dimasukan di 45 kedua ini.

Indonesia kembali kecolongan di awal-awal babak. Tujuh menit babak kedua berjalan, Chanathip Songkrasin mencetak gol keduanya lewat serangan balik cepat. 2-0 Thailand unggul.

Irfan Jaya mendapatkan peluang emas di menit 61. Menerima umpan terobosan, Irfan berusaha mengirim bola ke sudut kiri gawang. Namun, sepakannya kurang mengarah ke pojok dan berhasil dihalau kiper Thailand.

Memasuki menit 67, Thailand menjauh 3-0. Supachok Sarachat mencetak gol cantik usai menerima operan Philip Roller.

Thailand mencetak gol keempat di menit 83. Bordin Phala mencatatkan namanya di papan skor usai menerima assist dari Worachit Kanitsribumphen. 4-0 Thailang semakin berada di atas angin.

Tak ada lagi gol tercipta hingga penghujung pertandingan. Skor 4-0 untuk Thailand bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Exit mobile version