Beranda INTERNASIONAL Tingkat Bunuh Diri di Jepang Naik Selama Gelombang Kedua Pandemi

Tingkat Bunuh Diri di Jepang Naik Selama Gelombang Kedua Pandemi

Kesehatan mental orang-orang Jepang terutama wanita dan anak-anak selama pandemi gelombang kedua di negara itu mendorong kasus bunuh diri semakin besar, menurut penelitian akademisi Tokyo dan Hong Kong.

Tingkat bunuh diri naik sebesar 16 persen pada Juli-Oktober setelah melihat penurunan yang cukup besar selama gelombang pertama ketika pemerintah menawarkan bantuan kepada orang-orang.

Selama gelombang pertama pandemi antara Februari hingga Juni 2020, bunuh diri turun menjadi 14 persen kemungkinan karena pemerintah menawarkan subsidi, pengurangan jam kerja, dan menutup sekolah, Independent melaporkan.

jepang bunuh diri

“Tidak seperti keadaan ekonomi normal, pandemi ini secara tidak proporsional mempengaruhi kesehatan psikologis anak-anak, remaja dan perempuan (terutama ibu rumah tangga),” kata penulis penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behaviour.

Bunuh diri tetap menjadi masalah lama bagi pemerintah di Jepang. Pada tahun 2016, negara itu memiliki tingkat kematian bunuh diri 18,5 per 100.000 orang.

japan suicide3

 

Statistik pemerintah dari bulan November 2016 hingga Oktober 2020 menunjukkan bunuh diri di antara anak-anak naik menjadi 49 persen pada gelombang kedua dibandingkan dengan periode setelah penutupan sekolah nasional.

Sedangkan di kalangan wanita meningkat 37 persen. Perempuan tetap yang paling terpengaruh, mungkin karena meningkatnya beban ibu yang bekerja dan meningkatnya kasus kekerasan dalam rumah tangga yang dilaporkan.

japan suicide