Iklan
Iklan

Truk Tambang Cat 777E dari Trakindo Tawarkan Versi Terbaru

- Advertisement -
PT Trakindo Utama (Trakindo), perusahaan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia, merilis versi terbaru dari truk tambang Cat 777E. Kali ini Cat 777E datang dengan berbagai pembaruan yang mendefinisikan kembali performa dan akan meningkatkan kinerja, dengan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

Pembaruan ini akan memberikan keuntungan lebih bagi pengguna truk tambang di tengah naiknya Harga Batubara Acuan (HBA) dan Harga Patokan Ekspor (HPE) Batubara, seiring meningkatnya permintaan akan komoditas tambang.

Meski saat ini masih berada di tengah kondisi pandemi COVID-19, harga komoditas pertambangan sedang dalam tren positif dan membawa keuntungan bagi industri pertambangan di Indonesia. Tren positif disebabkan oleh meningkatnya permintaan dunia, terutama karena tingginya tingkat konsumsi di negara-negara Asia Timur.

Truk Tambang

Kondisi ini mempengaruhi HPE yang dikenakan Bea Keluar (BK) untuk bulan Agustus 2021. Begitu pun dengan HBA Indonesia. Pada Juli, HBA Indonesia naik US$15,02 per ton, dari US$100,33 pada bulan sebelumnya menjadi US$115,35 per ton. Hal ini membuat HBA Juli menjadi yang tertinggi dalam 10 tahun terakhir, atau sejak November 2011.

Haris Dini Muharyanto, Product Manager Trakindo, mengungkapkan bahwa Trakindo berkomitmen untuk memajukan pelanggannya, termasuk di industri pertambangan, dalam menjalankan bisnis dan meningkatkan keuntungan.

“Trakindo berharap agar para pelaku bisnis dapat memanfaatkan tren positif harga komoditas pertambangan dengan membantu meningkatkan produktivitas,” ucapnya.

“Melalui Cat 777E, kami ingin berkontribusi agar momentum meningkatnya harga komoditas pertambangan dapat dimanfaatkan. Truk ini memiliki peningkatan performa dibandingkan versi sebelumnya, mulai dari mesin, efisiensi bahan bakar, hingga keamanan dan kenyamanan bagi operator. Peningkatan ini redefine performance!” tambah Haris.

Truk tambang Cat 777E merupakan off-highway truck yang biasa digunakan dalam pertambangan. Truk ini menawarkan muatan tertinggi di kelasnya, yakni 98,2 ton. Versi terbaru Truk tambang Cat 777E menghadirkan peningkatan kinerja dan efisiensi bahan bakar untuk biaya angkut per ton yang lebih rendah.

Truk tambang ini juga terintegrasi dengan sejumlah teknologi baru Cat yang membantu meningkatkan efisiensi pengangkutan dan umur truk, seperti Advanced Productivity Electronic Control Strategy (APECS) untuk meningkatkan koordinasi transmisi dan mesin sehingga dapat memanfaatkan tenaga mesin dengan lebih baik.

Dilengkapi dengan mesin C32 yang diperbarui, torsi pada Cat 777E bertambah 7%, sehingga daya tarik dan kecepatan di tanjakan otomatis ikut meningkat. Lalu ada fitur 2nd gear drive yang mengurangi waktu akselerasi dengan membuat truk langsung berada di gigi kedua saat kondisi tertentu.

Fitur ini memungkinkan truk mencapai kecepatan optimal lebih cepat, menurunkan waktu siklus, dan meminimalkan jumlah perpindahan transmisi. Penggunaan bahan bakar juga jadi lebih ekonomis.

Truk Tambang

Peningkatan efisiensi bahan bakar juga didukung adanya Adaptive Eco Mode (beserta mode lain yaitu Power dan ECO) yang memungkinkan pelanggan untuk mengurangi tenaga mesin (engine power) sebesar 0.5 hingga 15% yang disesuaikan dengan keadaan lapangan.

Selain itu ada pula fitur Auto Neutral Idle yang secara otomatis akan menggeser transmisi ke kondisi seperti netral jika mesin dalam posisi idle (diam) saat sedang di “D”.

Tidak hanya peningkatan performa dan efisiensi bahan bakar, produk ini juga mengedepankan kenyamanan dan keselamatan operator. Truk taambang Cat 777E dilengkapi dengan kursi baru Cat Comfort Seat. Kemudian ada tuas transmisi dan tuas pengangkat (hoist lever) yang terintegrasi, sehingga mudah dikontrol dan intuitif.

Untuk mempermudah pekerjaan operator, truk ini dilengkapi dengan operator interface yang dilengkapi touchscreen, dengan user interface yang lebih baik dan berukuran lebih besar sehingga lebih mudah dibaca. Truk tambang Cat 777E juga meningkatkan visibilitas dengan adanya paket spion baru yang semakin memudahkan dan memperluas pandangan operator ke arah belakang.

Haris menyatakan harapannya agar fitur terbaru yang hadir dalam Cat 777E bisa membantu para pelanggan. “Kami percaya bahwa Cat 777E akan menjawab kebutuhan pelanggan dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja, dan kami yakin dengan terus menghadirkan teknologi terdepan, kami akan memenuhi keperluan dan kepuasan pelanggan,” tutup Haris.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA