Iklan
Iklan

Update Korban Gempa Cianjur: 323 Orang Meninggal, 9 Orang Hilang

- Advertisement -
Bupati Cianjur Herman Suherman menginformasikan sebanyak 323 orang meninggal dunia hingga hari kedelapan gempa Cianjur sejak gempa melanda di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 21 November.

“Data gempa Cianjur terbaru hingga hari ini, Senin 28 November, korban meninggal dunia tercatat 323 jiwa,” kata Bupati Cianjur Herman Suherman dalam konferensi pers daring dilansir dari VOI, Senin, 28 November.

Sementara korban hilang yang masih dalam pencarian hingga hari ini tercatat sembilan korban jiwa.

“Besok pencarian diteruskan mudah-mudahan bisa ditemukan,” katanya.

Bupati mengatakan, korban yang mengalami luka berat yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 108 orang.

“Korban luka ringan sudah ditangani dan kembali ke rumahnya masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan Bupati Cianjur akan memegang kendali penuh pelaksanaan tugas di lapangan untuk penanganan gempa Cianjur, Jawa Barat, termasuk pencarian dan pertolongan korban serta penanganan pengungsi.

“Pak Bupati akan memegang kendali penuh terkait dengan pelaksanaan tugas di lapangan baik terkait dengan pencarian dan pertolongan terkait dengan penanganan pengungsi, evakuasi termasuk pada saat nanti pembangunan rumah-rumah yang rusak,” kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers virtual, Ahad (27/11).

Itu dikarenakan gempa di Kabupaten Cianjur merupakan bencana daerah bukan bencana nasional, sehingga segala penanganan komando di lapangan dan pelaksanaan kegiatan hariannya akan kembali sesuai dengan ketentuan, yakni Bupati menjadi komandan satuan tugas (satgas).

Meski demikian, Suharyanto menuturkan pemerintah pusat tetap akan mendampingi dan memberikan bantuan secara optimal.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA