INTERNASIONAL

Vaksin Covid-19 Milik Thailand Diperkirakan Siap Tahun Depan

vaksin covid-19 thailand
Thailand akan mulai menguji vaksin mRNA (messenger RNA) pada monyet minggu depan setelah percobaan yang berhasil pada tikus, kata Taweesin Wisanuyothin, juru bicara Pusat Administrasi Situasi COVID-19 pemerintah. “Vaksin milik Thailand diperkirakan akan digunakan tahun depan,” katanya.

Lebih dari 100 vaksin potensial untuk COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona, sedang dikembangkan, termasuk beberapa dalam uji klinis, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia pada bulan April telah memperingatkan bahwa vaksin akan memakan waktu setidaknya 12 bulan.

Vaksin dari Thailand sedang dikembangkan oleh National Vaccine Institute, Departemen Ilmu Kedokteran dan pusat penelitian vaksin Chulalongkorn University.

Messenger RNA mendorong sel-sel tubuh untuk memproduksi antigen, yaitu molekul di permukaan virus, yang memacu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja.

Thailand berada di peringkat kelima secara global, tepat di depan Korea Selatan, untuk tanggapan cepat dan mitigasi penyebaran epidemi dalam laporan Indeks Keamanan Kesehatan Global Johns Hopkins pada 2019.

Vaksin eksperimental COVID-19 milik Moderna Inc, yang pertama kali diuji di Amerika Serikat, menghasilkan antibodi pelindung dalam kelompok kecil sukarelawan sehat, menurut data awal yang dirilis oleh perusahaan pada hari Senin.

Perusahaan farmasi seperti Johnson & Johnson dan Pfizer Inc, yang bekerja dengan BioNTech SE Jerman, juga bekerja untuk mengembangkan vaksin untuk Covid-19.

Thailand, negara pertama di luar China yang mendeteksi kasus virus corona pada Januari, ingin menjadi yang pertama memiliki vaksin yang siap digunakan, kata Taweesin.

Thailand telah melaporkan total 3.034 kasus virus corona dan 56 kematian.

Comments

comments

BACA JUGA:  Masjid Al-Aqsa Kembali Dibuka Setelah Tutup 2 Bulan
loading...