Iklan
Iklan

Varian Delta COVID-19: Informasi Terbaru Saat Ini

- Advertisement -
Varian delta COVID-19, yang pertama kali muncul di India, kini telah menyebar ke lebih dari 80 negara dan dengan cepat menjadi versi virus yang dominan. Varian asal India ini menjadi penyumbang terbesar lonjakan kasus di Indonesia.

Penyebaran varian delta yang cepat itu telah memaksa tenaga kesehatan untuk bereaksi. Pemerintah Inggris menunda rencana untuk mencopot lockdown. Petugas kesehatan di Israel, sebuah negara di mana hampir 60 persen populasinya divaksinasi sepenuhnya, Kembali mewajibkan warganya memakai masker di dalam ruangan – aturan yang telah dicabut 10 hari sebelumnya.

Di Amerika Serikat, tempat-tempat seperti Los Angeles County merekomendasikan agar orang yang divaksinasi pun tetap memakai masker di dalam ruangan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mendesak semua orang untuk terus memakai masker, meskipun pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebutkan bahwa orang yang divaksinasi dapat keluar rumah tanpa masker.

Varian delta bahkan lebih mengkhawatirkan secara global. Hanya 23,4 persen orang di seluruh dunia yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19, yang sebagian besar tinggal di negara-negara kaya. Kurang dari 1 persen orang di negara berpenghasilan rendah telah mendapat vaksin.

varian delta covid-19
Sumber: pharmaceutical-technology.com

Penyebaran

Virus corona penyebab COVID-19 masih ada karena mampu beradaptasi dengan baik untuk menyebar di antara manusia, kata Ravindra Gupta, ahli virologi di Cambridge Institute of Therapeutic Immunology & Infectious Disease di Inggris.

Sementara varian alfa sekitar 50 persen lebih menular daripada versi virus sebelumnya, delta tampaknya dapat menular lebih cepat. Data dari Public Health England, sebuah badan kesehatan pemerintah Inggris, menunjukkan bahwa delta mungkin 60 persen lebih mudah menular daripada alfa.

“Itu cukup mengkhawatirkan,” kata Ravina Kullar, seorang ahli epidemiologi di UCLA dan juru bicara Infectious Diseases Society of America.

Orang yang tanpa sadar terinfeksi varian delta lebih mungkin menularkan virus ke orang lain, mungkin tujuh hingga delapan orang lainnya, kata Kullar. “Anda bisa melihat wabah terjadi cukup cepat jika seseorang mengidap varian delta, tetapi tidak terisolasi dari yang lain.”

Dapat Menghindari Sistem Imun

Peluang yang lebih tinggi untuk menyebarkan varian delta ke orang lain bukanlah satu-satunya perhatian. Dengan delta, “kami memiliki virus yang memiliki semua keunggulan transmisi yang dimiliki alpha,” kata Gupta. Tapi delta juga bisa menghindari bagian dari sistem kekebalan tubuh, yang memberikan kelebihan ekstra dibandingkan alpha. “Itu menjelaskan, dalam pandangan kami, mengapa varian ini menyebabkan masalah di mana-mana,” kata Gupta.

Misalnya, antibodi dari orang yang pulih dan divaksinasi kurang kuat dalam menghentikan delta dari menginfeksi sel daripada menghentikan alfa atau versi asli virus dari Wuhan, Cina, Gupta dan rekan-rekannya melaporkan dalam studi pendahuluan yang diposting 22 Juni di Research Square. Dan ketika tim menganalisis sekelompok kasus COVID-19 pada petugas kesehatan yang telah divaksinasi dengan suntikan AstraZeneca di sebuah rumah sakit di India pada bulan April, para peneliti menemukan bahwa sebagian besar dari mereka terinfeksi delta.

Vaksin Masih Efektif

Bahkan di tengah ancaman infeksi terobosan, vaksinasi sejauh ini masih dapat melindungi orang dari yang efek terburuk COVID-19. Satu studi pendahuluan, misalnya, menemukan bahwa vaksin COVID-19 tampaknya kurang efektif melawan delta daripada beberapa varian lainnya. Tapi dua dosis ternyata dapat memberikan penegahan yang lebih baik daripada satu dosis. Dosis tunggal vaksin Pfizer atau AstraZeneca sekitar 33 persen efektif dalam mencegah penyakit simtomatik untuk infeksi delta tiga minggu setelah suntikan, menurut melaporkan pada 24 Mei di medRxiv.org. Itu dibandingkan dengan efektivitas 55 persen terhadap alpha.

Namun, dosis kedua Pfizer meningkatkan efektivitas terhadap delta menjadi hampir 88 persen terhadap delta, turun dari 93,4 persen terhadap alfa. Dosis kedua suntikan AstraZeneca sekitar 60 persen efektif, turun dari 66 persen melawan alfa.

varian delta covid-19
Sumber: Media Indonesia

Perlindungan dari rawat inap bahkan lebih baik, para peneliti melaporkan 21 Juni dalam studi pendahuluan terpisah dari Public Health England. Dosis tunggal vaksin COVID-19 Pfizer 94 persen efektif untuk menjauhkan orang dari rumah sakit setelah terinfeksi delta dan satu dosis AstraZeneca efektif 71 persen. Dua dosis memberi perlindungan masing-masing hingga 96 dan 92 persen.

Dan sejauh ini, di tempat-tempat yang sangat divaksinasi seperti Inggris dan Israel, misalnya, peningkatan kasus COVID-19 belum dikaitkan dengan lonjakan besar dalam rawat inap atau kematian. Tetapi rawat inap dan kematian cenderung tertinggal beberapa minggu di belakang peningkatan kasus, jadi waktu akan memberi tahu apakah angka-angka itu akan naik.

Juga belum banyak informasi tentang varian delta dan efektivitas vaksin seperti suntikan COVID-19 Johnson & Johnson, membuat banyak orang menunggu, kata Kullar. Satu tanda harapan: Sebuah studi pendahuluan yang diposting 1 Juli di medRxiv.org menunjukkan bahwa antibodi yang dipicu oleh vaksin itu masih mengenali variannya. Jadi vaksin harusnya masih efektif.

Poin kuncinya, bagaimanapun, adalah bahwa semakin banyak orang yang divaksinasi, semakin kecil kemungkinan varian delta akan menyebabkan masalah.

Perlindungan Vaksin Berbeda di Tiap Oprang

Kabar baiknya adalah bahwa orang muda yang relatif sehat dan telah divaksinasi mungkin akan baik-baik saja. Tetapi “kami melihat meningkatnya jumlah rawat inap, dan kami akan melihat kematian, pada orang yang telah divaksinasi yang lebih tua, yang memiliki penyakit bawaan,” kata Gupta. Tidak semua individu memiliki tingkat perlindungan yang sama dari vaksin. Terlebih lagi, anak-anak di bawah 12 tahun masih belum memenuhi syarat untuk vaksinasi.

Kullar setuju, mencatat bahwa masih banyak orang yang kekebalannya terganggu, seperti penerima transplantasi organ atau orang yang menjalani perawatan kanker, atau orang tua yang mungkin masih berisiko. Banyak dari orang-orang ini telah “telah divaksinasi, mereka telah melakukan semua yang mereka bisa. Sekarang, mereka mengandalkan orang lain di sekitar mereka untuk melindungi mereka.”

varian delta covid-19
Sumber: Reuters

Kemunculan Varian Baru Masih Ditunggu

Para ahli mengamati dan menunggu varian berikutnya muncul.

Delta sepertinya bukan varian terakhir yang muncul di tengah pandemi. Sementara vaksin masih melindungi orang sekarang, kemungkinan munculnya varian yang mungkin membuat mereka jauh kurang efektif akan muncul saat virus beredar di antara mereka yang tidak divaksinasi.

Varian akan terus muncul saat virus corona menyebar, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dirjen Organisasi Kesehatan Dunia, mengatakan pada konferensi pers 25 Juni. “Itulah yang dilakukan virus, mereka berevolusi, tetapi kita dapat mencegah munculnya varian dengan mencegah penularan. Ini cukup sederhana. Lebih banyak transmisi, lebih banyak varian. Lebih sedikit transmisi, lebih sedikit varian.”

Peredam penyebaran untuk memberi virus lebih sedikit peluang untuk bermutasi sangat penting, kata Kullar. “Dulu kita mengira [alpha] mengkhawatirkan, sekarang ada varian delta, yang membuat [alpha] terlihat lemah. Apa yang akan datang selanjutnya?”

Waktu untuk merencanakan masa depan vaksin di tengah penyebaran varian baru yang mungkin dapat menghindari sistem kekebalan jauh lebih efektif daripada varian delta atau bentuk virus lain yang mungkin sudah ada di sini, kata Gupta.

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA