Beranda INTERNASIONAL Venezuela Kirim Oksigen ke Brasil Meski Berhubungan Dingin

Venezuela Kirim Oksigen ke Brasil Meski Berhubungan Dingin

Presiden Venezuela Nicolás Maduro mengizinkan pengiriman oksigen ke Brasil untuk membantu merawat orang-orang yang sakit di tengah gelombang lain virus corona.

Langkah ini dilakukan meskipun hubungan dingin antara kedua pemerintah dan Venezuela sendiri kekurangan pasokan rumah sakit.

AP melaporkan, Maduro menyetujui keberangkatan enam truk tangki yang memuat tanki oksigen. Truk tersebut menuju kota Manaus di negara bagian utara Amazonas.

brasil venezuela

“Biarkan oksigen ini tiba dengan cepat ke masyarakat Brasil,” kata Maduro. “Biarkan orang-orang Brasil tahu bahwa dengan kemampuan terbaik kami, kami siap mendukung Brasil.”

Sekretariat kesehatan negara Amazonas menyebut dalam sebuah pernyataan, pemerintah Venezuela menyumbangkan oksigen sebanyak 107.000 meter kubik.

Itu setara sekitar satu setengah hari permintaan oksigen di ibukota negara bagian Manaus, menurut angka yang dirilis pekan lalu.

venezuella2

Pasien gelombang coronavirus kedua di Brasil telah memenuhi rumah sakit di Manaus, menyebabkan pasokan oksigen menipis. Truk tersebut diperkirakan mencapai Manaus pada hari Senin malam, menurut pernyataan sekretariat kesehatan Amazonas.

Kota ini menerima rata-rata empat penerbangan angkatan udara Brasil per hari untuk memperkuat stok oksigen, bersama dengan satu pengiriman per hari dari kota Belem di dekat mulut sungai Amazon, kata pernyataan itu.

 

Venezuela melaporkan kasus virus corona pertamanya pada pertengahan bulan Maret dan segera memberlakukan langkah-langkah karantina. Pejabat setempat melaporkan sekitar 119.000 penyakit virus corona sejauh ini dan sedikit lebih dari 1.000 kematian.

venezuella3

Para ahli mengungkapkan bahwa kasus virus corona yang relatif rendah di Venezuela dibandingkan dengan Brasil dan negara-negara tetangga lainnya karena isolasinya setelah bertahun-tahun krisis politik, ekonomi, dan sosial.

Terlepas dari gestur Maduro, petugas kesehatan di Venezuela mengatakan mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan pasien mereka di rumah sakit yang sering kekurangan air mengalir, obat-obatan dasar dan cukup dokter dan perawat.