Beranda ENTERTAINMENT Via Vallen Dituduh Plagiat, Jiplak Video Penyanyi Korea

Via Vallen Dituduh Plagiat, Jiplak Video Penyanyi Korea

Nama Via Vallen mendadak membuat heboh jagat maya, setelah video klip lagu terbarunya yang berjudul “Kasih Dengarkanlah Aku” dinilai hasil karya jiplakan atau plagiarisme.

Video klip Via Vallen disebut memiliki banyak kesamaan dengan video klip “Above The Time” milik penyanyi Korea Selatan, IU.

Adegan yang cukupo mirip pada video klip Via Vallen dengan IU dilaporkan beberapa fanbase IU di media sosial. Fans mengunggah beberapa tangkapan layar adegan video klip Via dan IU yang terlihat sangat mirip.

Via Vallen

BACA JUGA:  Pemeran Video Mesum Mirip Gisel Kian Mendekati Fakta

Merespons kehebohan ini, pihak label musik yang menaungi Via Vallen langsung memberi tanggapan lewat unggahan di YouTube.

Pihak Ascada Musik mengaku menerima seluruh konsep dan ide pembuatan video klip ini dari sutradara. Sementara dari pihak label dan manajemen sendiri tidak mengetahui kalau konsep tersebut rupanya ada kemiripan dari video klip penyanyi lain.

“Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara,” ujar pihak Ascada Musik.

Via Vallen

BACA JUGA:  Nadin Amizah, Penyanyi Soundtrack Film Mulan Ini Trending di Twitter

Juga dijelaskan bahwa Via Vallen dan Dyrga Dadali sama sekali tidak ikut dalam proses pemilihan konsep video klip yang disebut mirip dengan milik IU.

“Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktivitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip,” tulis Ascada Musik.

Terkait kasus ini, Via Vallen akhirnya buka suara karena dicap plagiat meniru konsep video Above The The Time milik IU.

Melalui akun Instagram Stories, sang pedangdut berusia 29 tahun mengaku bersalah atas kemiripan kedua video tersebut. “Untuk IU, fans IU dan terutama vyanisty, juga pihak yang merasa dirugikan. Aku minta maaf soal MV terbaru aku yg ternyata memang muiripp bangett sama MVnya IU. Ini sama sekali ga ada unsur kesengajaan,” tulis Via Vallen.

Via Vallen

BACA JUGA:  Jasad Selebgram Alexis Sharkey Ditemukan Tanpa Busana 4,8 km dari Rumahnya.

Via Vallen juga mengakui bahwa ia tak terlalu paham dengan industri musik K-Pop. Sebagai fans K-Pop biasa, dia mengaku hanya melihat musisi K-Pop seperti BLACKPINK.

“Krn aku bukan penggemar Kpop secara umum, jd ga banyak tau soal MV kpop (Kebanyakan MV Kpop yg aku lihat cm punya blackpink doang ),” tulisnya.

Video musik Via Vallen yang dituding mirip dengan IU itu diproduksi oleh Ascada Musik. Diketahui sudah rilis sejak kemarin dan kini bertengger di posisi 18 trending YouTube Indonesia.

Merasa sangat bersalah, Via Vallen akan segera menghapus video musik tersebut karena tak ingin keributan seperti sekarang terjadi lagi di kemudian hari.

“Jujur aku MALU banget pas tau. Aku bakal minta videonya buat ditake down dan ini akan jadi pembelajaran buat kedepannya biar ga terjadi lagi hal seperti ini. Sekali lagi, dr lubuk hati yg paling dalam, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya,” pungkas Via Vallen.

loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?