Iklan
Iklan

Virus Corona Varian C.1.2: Apa Saja yang Telah Diketahui?

- Advertisement -
Sementara sebagian besar fokus dunia tertuju pada virus corona varian Delta, varian baru telah diidentifikasi di Afrika Selatan. Saat ini disebut sebagai varian C.1.2, itu belum disebut sebagai varian yang menarik perhatian oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tetapi menarik perhatian para ilmuwan karena jumlah dan jenis mutasi yang dikandungnya dan kecepatan di mana mutasi telah terjadi.

C.1.2 dilaporkan sebagai varian yang paling banyak membawa mutasi sejak varian “liar” asli muncul di Cina.

Sebuah studi pra-cetak yang dikeluarkan oleh National Institute for Communicable Diseases Afrika Selatan mengatakan varian C.1.2 pertama kali diidentifikasi di provinsi Gauteng dan Mpumalanga pada Mei 2021; sejak itu telah ditemukan di provinsi Afrika Selatan lainnya serta di Republik Demokratik Kongo, Mauritius, Selandia Baru, Portugal dan Swiss.

virus corona varian c.1.2

Menurut studi itu, ada beberapa mutasi yang dibawa pada varian C.1.2 – dan beberapa di antaranya mungkin membuatnya lebih menular dan bahkan menghindari perlindungan vaksin, meskipun ini belum secara resmi disimpulkan.

Agar suatu varian dinyatakan sebagai “varian yang menjadi perhatian” oleh WHO, varian tersebut harus terbukti menunjukkan “peningkatan penularan, virulensi atau perubahan penyakit klinis, dan penurunan efektivitas tindakan kesehatan masyarakat dan sosial”; terlalu dini untuk mengatakan apakah ini dapat diterapkan untuk C1.2. Juru bicara WHO Margaret Harris mengatakan pada briefing Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa mereka sedang memantau varian itu tetapi tampaknya tidak menyebar.

Mutasi adalah bagian dari perjalanan banyak penyakit virus yang menyebar secepat virus corona. Semakin banyak orang yang terinfeksi virus, semakin besar kemungkinannya untuk bermutasi. Ketika virus corona memasuki sel manusia, tugas utamanya adalah memerintahkan sel untuk membuat lebih banyak salinan virus; ini kemudian meninggalkan sel dan menginfeksi sel lain di inang manusia mereka. Proses replikasi virus relatif cepat dan kesalahan dapat terjadi dalam penyalinan DNA virus – ini dikenal sebagai mutasi.

Kasus COVID-19

Kebanyakan mutasi berbahaya bagi virus, dan virus tertentu mati dengan cepat, atau tidak memberikan manfaat sama sekali. Tetapi kadang-kadang mutasi yang menguntungkan virus akan terjadi secara acak – baik itu membuatnya lebih mudah menular atau bahkan membuatnya kebal sebagian terhadap vaksin.

Agar varian C.1.2 menjadi dominan, ia harus mengalahkan Delta. Itu berarti peningkatan penularan, mampu mengikat sel inang manusia dan menginfeksi orang lebih cepat daripada Delta saat ini.

Perhatian utama pada varian C.1.2 adalah kecepatan mutasinya dan jumlah mutasi yang dikandungnya. Alasan lain mengapa para ilmuwan ingin memantau C.1.2 secara dekat adalah bahwa beberapa mutasi ini terlihat mirip dengan yang telah membantu varian Delta menjadi strain dominan di seluruh dunia, sementara yang lain sejalan dengan apa yang telah kita lihat sebelumnya dengan varian Beta. Setiap kali mutasi ini terlihat dalam varian baru, penting untuk mengawasi bagaimana ia menyebar dan apa yang dilakukannya.

Virus
Virus Corona B117

Meskipun tingkat varian C.1.2 masih rendah di antara populasi Afrika Selatan, hal itu tetap menjadi perhatian para ahli dan ilmuwan kesehatan masyarakat setempat di seluruh dunia. Varian tersebut muncul dari silsilah C.1 yang merupakan salah satu silsilah virus corona yang mendominasi pada gelombang pertama infeksi di Afrika Selatan pada pertengahan Mei 2020.

Saat ini, Delta tetap menjadi varian dominan di Afrika Selatan dan sebagian besar dunia. Agar varian C.1.2 menjadi dominan, varian ini harus mengalahkan Delta. Itu berarti peningkatan penularan, mampu mengikat sel inang manusia dan menginfeksi orang lebih cepat daripada Delta saat ini. Para ilmuwan menyebut ini sebagai “afinitas” virus – seberapa baik virus itu dapat menangkap dan memasuki sel manusia; C.1.2 harus memiliki tingkat afinitas yang lebih baik daripada Delta untuk menjadi dominan.

Intinya adalah masih harus dilihat apakah C.1.2 memang lebih menular daripada Delta atau jika sebagian dapat menghindari respon imun yang dipicu oleh vaksin atau infeksi sebelumnya. Diperlukan waktu dan studi laboratorium yang terperinci untuk memastikan jenis mutasi yang dimiliki C.1.2 dan keuntungan apa pun yang mungkin diberikannya. Yang tetap penting dan pasti adalah bahwa vaksinasi masih merupakan cara terbaik untuk melindungi dari gejala serius COVID-19 dan mengurangi jumlah kematian yang masih terjadi di seluruh dunia akibat penyakit ini.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA