INTERNASIONAL

Vladimir Putin Berencana Maju Kembali Sebagai Presiden Rusia

vladimir putin rusia
Vladimir Putin sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri kembali sebagai presiden Rusia jika pemilih menyetujui perubahan konstitusional yang akan memungkinkannya untuk melakukan hal itu, kata kantor berita Rusia mengutipnya dalam sebuah wawancara pada hari Minggu.

Rusia akan mengadakan pemungutan suara nasional dari 25 Juni hingga 1 Juli tentang usulan perubahan konstitusi, termasuk amandemen yang akan memungkinkan Putin menjalani dua masa jabatan enam tahun lagi sebagai presiden ketika mandatnya saat ini berakhir pada 2024.

Oposisi mengatakan reformasi itu dirancang untuk memungkinkan Putin mempertahankan kekuasaan hingga 2036 dan rentan kudeta konstitusional. Kremlin mengatakan mereka diperlukan untuk memperkuat peran parlemen dan meningkatkan kebijakan sosial dan administrasi publik.

BACA JUGA:  Walikota Seoul Ditemukan Meninggal, Diduga Bunuh Diri

“Saya tidak mengesampingkan kemungkinan mencalonkan diri, jika opsi ini muncul dalam konstitusi. Kita akan lihat, “kata Putin seperti dikutip dalam sebuah wawancara dengan TV pemerintah yang ditayangkan di timur jauh Rusia sebelum ditayangkan di Rusia barat. “Aku belum memutuskan apa pun untuk diriku sendiri.”

Perubahan yang sudah disetujui oleh parlemen dan Mahkamah Konstitusi itu akan mengatur ulang penghitungan presiden Putin menjadi nol. Dia tidak dapat maju kembali di bawah batas konstitusi saat ini.

Perubahan diharapkan secara luas akan disetujui dalam pemungutan suara.

BACA JUGA:  Elon Musk Klaim Chip Buatannya Obati Kecanduan dan Depresi

Vladimir Putin yang telah berkuasa selama dua dekade dan sekarang berusia 67 tahun, menyarankan pencarian kandidat untuk menggantikannya bisa menjadi gangguan jika ia tidak mencalonkan diri lagi.

“Jika ini tidak terjadi, maka dalam waktu sekitar dua tahun – dan saya tahu ini dari pengalaman pribadi – ritme kerja normal dari banyak bagian pemerintahan akan digantikan oleh pencarian calon penerus,”

“Kita harus bekerja, bukan mencari penerus,” katanya.

BACA JUGA:  Peluncuran Roket SpaceX Batal Akibat Cuaca Buruk
loading...