Iklan
Iklan

Warga Afghanistan dalam Kondisi Mengerikan di Pangkalan AS di Qatar

- Advertisement -
Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan AS sedang berupaya memperbaiki kondisi pengungsi warga Afghanistan di pangkalan udara AS di Qatar setelah rekaman video yang diperoleh oleh media menunjukkan mereka hidup dalam kondisi yang tidak manusiawi.

Foto dan rekaman video yang dibagikan kepada Al Jazeera menunjukkan ratusan warga Afghanistan berkerumun bersama dalam kondisi tidak bersih di hanggar di pangkalan udara Al Udeid di Qatar.

Pengungsi warga Afghanistan yang mengirim foto-foto itu ke Al Jazeera mengatakan mereka ditahan di bawah terik panas di mana beberapa orang pingsan saat mereka menunggu dalam antrian panjang untuk menggunakan toilet atau menerima makanan dan air. Sebagian besar tidak memiliki pakaian cadangan dan tidak mengetahui tujuan akhir mereka.

Menanggapi laporan tersebut, Kirby mengatakan tidak ada yang membuat alasan untuk kondisi di pangkalan. “Semua orang fokus untuk mencoba” memperbaiki kondisi, Kirby mengatakan kepada Axios pada hari Selasa.

Pada hari Jumat, seorang pejabat Komando Pusat AS (Centcom) telah meluncurkan serangan pedas dalam email internal yang diperoleh Axios atas kondisi menyedihkan dan perlakuan terhadap warga Afghanistan di fasilitas yang dikelola Amerika di Qatar.

Kondisi mengerikan di Doha

Email “Kondisi Mengerikan di Doha” – menggambarkan kotoran manusia dan sampah yang mengancam akan membanjiri hanggar tempat para pengungsi ditempatkan, serta serangan tikus. Kondisi itu sampai ke pejabat di Departemen Luar Negeri dan Pentagon dan menggambarkan “bencana kemanusiaan yang mengancam jiwa”.

“Meskipun dengan cara apa pun tidak meremehkan kondisi di Kabul atau kondisi orang Afghanistan [sic] melarikan diri, kondisi saat ini di Doha adalah perbuatan kita sendiri,” ujarnya.

Dia juga membagikan kutipan dari komunikasi dari staf kedutaan AS di Doha, termasuk satu catatan yang berbunyi: “Hari yang lembab hari ini. Di mana warga Afghanistan ditempatkan adalah neraka yang hidup. Sampah, urin, kotoran, tumpahan cairan, dan muntah menutupi lantai.”

Menanggapi laporan, William Urban, juru bicara Centcom mengatakan: “Kami menyadari ini adalah situasi yang menantang dan sulit bagi individu dan keluarga yang rentan ini, dan kami tetap berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang aman, aman, dan bersih.”

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan kepada Axios bahwa mereka bekerja untuk mengurangi kemacetan dan telah mengerahkan staf tambahan ke Qatar “untuk meringankan kondisi saat ini”.

Sementara itu, staf di kedutaan AS di Kabul juga mengecam keras perlakuan terhadap pengungsi Afghanistan di fasilitas yang dikelola Amerika di Qatar, menurut situs Middle East Eye.

Menurut kabar yang dikirim oleh staf kedutaan, para pengungsi yang tiba di pangkalan AS ditahan di “perumahan tanpa AC dengan toilet yang terlalu sedikit – terutama untuk wanita”.

Menurut Centcom, situasi di pangkalan telah meningkat pesat selama beberapa hari terakhir karena lebih banyak peralatan dan fasilitas diberikan kepada para pengungsi Afghanistan ketika mereka tiba.

Pada hari Minggu, AS dan sekutunya mengumumkan bahwa mereka telah mengevakuasi 70.000 orang sejak 14 Agustus, banyak yang transit melalui Al Udeid. Pangkalan tersebut adalah rumah bagi markas besar Centcom dan Komando Pusat Angkatan Udara AS.

Qatar telah membantu memfasilitasi transit warga AS, staf kedutaan, dan warga Afghanistan yang berisiko melalui Doha karena menjadi tuan rumah pusat pemrosesan Amerika untuk orang yang datang dari Afghanistan.

Angkatan Udara Amiri Qatar juga telah membantu mengevakuasi pengungsi Afghanistan, termasuk mahasiswi, keluarga dengan anak-anak, atau jurnalis. Lebih dari 500 dari mereka telah ditempatkan di sebuah kompleks di Doha.

Source: Aljazeera

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA