Beranda TEKNOLOGI GADGET Wow, Samsung Patenkan Kamera Bawah Layar!

Wow, Samsung Patenkan Kamera Bawah Layar!

Samsung Display mengajukan paten berjudul ‘Display Device’ dengan USPTO (Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat) pada bulan Mei 2020 lalu. Dokumentasinya kemudian diterbitkan pada tanggal 31 Desember 2020, menurut laporan LetsGoDigital dari GizmoChina.

Paten ini merinci implementasi kamera under-display raksasa teknologi Korea Selatan itu pada smartphone. Sesuai dokumen, paten ini mencakup dua bagian tampilan.

Bagian pertama ialah layar utama dengan resolusi yang lebih baik, sedangkan bagian kedua yang lebih kecil memiliki resolusi yang relatif lebih rendah.

samsung under camera2

Bagian kedua ini dapat ditempatkan di sepanjang sisi atas dan dapat digunakan tidak hanya untuk menyembunyikan kamera depan tetapi juga lampu kilat LED dan sensor.

Sensor inframerah dapat digunakan untuk mengenali objek atau orang dengan mudah karena lebih banyak cahaya tidak dapat masuk di bawah layar. Sensor ini juga dapat menghitung jarak antara ponsel dan objek/orang.

samsung under camera3

Meskipun demikian, Samsung juga membuat referensi ke paten serupa yang diajukan pada tahun 2016. Dapat dikatakan bahwa perusahaan terus meningkatkan implementasinya selama bertahun-tahun.

Bagaimanapun, tidak diketahui kapan raksasa teknologi akan membawa paten ini ke pasar. Namun demikian, diperkirakan soliso ini akan diadopsi ponsel seri Galaxy A kelas atas alih-alih flagship.

samsung