HUKUM

Yasonna Laoly Bersumpah Tak Mengenal Buronan KPK Harun Masiku

Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly bersumpah tidak mengenal buronan KPK Harun Masiku. Namun, KPK tetap berpeganggan kepada pembuktian dari pemanggilan saksi-saksi terkait kasus tersebut.

“Kalau KPK itu berpegang pada keterangan saksi-saksi yang sudah kami periksa,” ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri, Selasa (25/2/2020).

Ali mengungkapkan keterangan saksi yang diperiksa itu masuk di berita acara pemeriksaan (BAP) yang bakal dijadikan acuan KPK untuk pembuktian di persidangan. Menurut Ali, dalam persidangan itulah nantinya bakal diketahui semua fakta-fakta pada kasus Harun Masiku.

“Keseluruhan dalam berkas perkara yang kemudian nanti, setelah dilimpahkan ke persidangan baru akan keliatan fakta-fakta lengkapnya seperti apa,” ujar Ali.

Maka, Ali menyebut tak begitu mempermasalahkan penyataan Yasonna yang mengaku tak mengenal Harun Masiku karena itu merupakan haknya. Ia mengatakan, KPK tetap mengacu kepada pembuktian di persidangan.

“Bahwa siapapun di luar ada mengenal atau bahkan tidak mengenal tersangka HAS (Harun Masiku) dan sebagainya itu haknya. Tapi di berkas perkara nanti setelah dilimpahkan ke persidangan nanti tahu seperti kontruksi lengkapnya, di sana kemudian kita akan mengetahui,” jelasnya.

Yasonna sebelumnya mengaku tak mengenal Harun Masiku saat rapat kerja Menkum HAM dengan Komisi III di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Ia menyampaikan ketika dicecar oleh anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman tentang hubungannya dengan Harun Masiku.

Awalnya anggota Komisi III Sarifuddin Suding yang bertanya apakah Yasonna mengenal Harun Masiku. Suding bahkan geram karena Yasonna hanya mengandalkan informasi dari Ditjen Imigrasi untuk mencari Harun Masiku.

“Yang nggak masuk akal, Saudara hanya gunakan satu sumber informasi, sementara isu ini dapat perhatian publik. Statement Anda meyakinkan. Saudara kenal Harun?” tanya Suding.

BACA JUGA:  Usulan Yasonna Kandas, Jokowi Tegaskan Tidak Ada Pembebasan Untuk Koruptor

Yasonna lalu menjawab sambil mengangkat tangannya dengan dua jari mengacung. “Sama sekali tidak. Lihat mukanya fisik belum pernah, foto saja,” sebut Yasonna.

Setelah itu baru lah Benny K Harman bertanya yang sama seperti Suding ke Yasonna. “Pak menteri tidak kenal, tahu Masiku?” tanya Benny.

Yasonna lagi-lagi menjawab tidak kenal. Benny kemudian meminta Yasonna kembali bersumpah. Tapi Yasonna enggan bersumpah.

Harun Masiku merupakan tersangka kasus dugaan suap PAW DPR yang dimasukan KPK dalam daftar pencarian orang (DPO). KPK terus memburu Harun Masiku.

Pada kasus tersebut KPK juga telah menetapkan eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fridelina dan Saeful. KPK menjerat Saeful dan Harun sebagai tersangka pemberi suap, sedangkan Wahyu dan Agustiani adalah penerimanya.

Comments

comments

loading...