Beranda INTERNASIONAL Yayasan Black Lives Matter Menangkan Hadiah HAM Swedia

Yayasan Black Lives Matter Menangkan Hadiah HAM Swedia

Black Lives Matter Global Network Foundation memenangkan penghargaan hak asasi manusia oleh Olof Palme Swedia 2020, CNN melaporkan.

Penyelenggara mengatakan gerakan ini dihormati karena mempromosikan “ketidakpatuhan sipil yang damai terhadap kebrutalan polisi dan kekerasan rasial” di seluruh dunia.

Mereka mencatat bahwa sekitar 20 juta orang telah mengambil bagian dalam protes Black Lives Matter (BLM) di AS saja, bersama dengan jutaan lainnya di seluruh dunia.

black lives matter

Upacara pemberian hadiah secara online akan diadakan di Stockholm pada hari Sabtu. Hadiah tahunan senilai $100.000 (£73.000) sebagai peringatan terhadap Olof Palme, Perdana Menteri Swedia dan advokat hak asasi manusia terkemuka yang dibunuh di Stockholm pada tahun 1986.

Didirikan di AS pada tahun 2013, gerakan Black Lives Matter (BLM) menjadi slogan internasional tahun lalu menyusul beberapa kasus kebrutalan polisi yang berprofil tinggi terhadap orang Afrika-Amerika.

black lives metter

Protes karena kematian George Floyd, Breonna Taylor dan lainnya memperlihatkan bahwa Black Lives Matter tersebar di AS dan di seluruh dunia.

“Ini menggambarkan bahwa rasisme dan kekerasan rasis bukan hanya masalah dalam masyarakat Amerika, tetapi masalah global,” ujar penyelenggara hadiah.

black lives metter.jpg4

Mereka menyebut yayasan itu telah “dengan cara yang unik mengekspos kesulitan, rasa sakit, dan murka minoritas Afrika-Amerika karena tidak dihargai sama dengan orang-orang dengan warna yang berbeda”.

Seorang anggota parlemen Norwegia, Petter Eide mencalonkan yayasan BLM untuk Penghargaan Nobel Perdamaian tahun ini. Dalam makalah pencalonannya, Eide mengatakan gerakan itu telah menjadi “gerakan penting di seluruh dunia untuk melawan ketidakadilan rasial”.