PRODUK

YouTube Hapus 11,4 Juta Video Para YouTuber Tahun Ini, Apa Penyebabnya?

Youtube
YouTube telah menghapus lebih dari 11,4 juta video sejak April-Juni. Penghapusan video pada kuartal II 2020 ini lebih banyak dari pada periode sebelumnya.

Mengapa bisa demikian? Ayo cari tahu apa penyebabnya video ini dihapus dan barangkali juga termasuk video anda.

Dikutip dari The Verge, Kamis (27/8/2020), Youtube dikabarkan lebih mengandalkan algoritme untuk menyaring konten–menurut laporan Penegakan Pedoman Komunitas yang menunjukkan, Youtube telah menghapus lebih dari 11,4 juta video sejak April-Juni.

BACA JUGA:  Blokir TikTok, Donald Trump Dianggap Lawan Konstitusi

Pada periode yang sama tahun lalu, Youtube hanya menghapus hampir 9 juta video. “Saat memperhitungkan kapasitas peninjauan manusia yang sangat berkurang karena COVID-19, kami harus membuat pilihan antara berkurangnya atau berlebihannya penghapusan,” ujar perusahaan tersebut.

Youtube

Sedangkan induk Youtube, Google, menginformasikan karyawan untuk memperpanjang kebijakan bekerja dari rumah hingga akhir 2020. Secara otomatis, perusahaan akan lebih bergantung pada mesin untuk moderasi konten.

BACA JUGA:  Airbus Konsepkan Pesawat Bertenaga Hidrogen Pada 2035

“Kami menggunakan teknologi untuk melakukan pekerjaan yang umumnya menjadi tanggung jawab peninjau,” jelas perusahaan tersebut.

Youtube

Google juga menambah jumlah staf di proses banding; untuk menangani pengajuan banding dari kreator yang videonya terhapus oleh mesin moderasi.

BACA JUGA:  Kemenparekraf Buka MasterClass Pemasaran Digital Gratis, Bantu Industri Kreatif.

Sedangkan jumlah pengajuan banding untuk penghapusan konten meningkat dari 166 ribu pada kuartal I 2020, menjadi lebih dari 325 ribu pada kuartal II. Artinya, Youtube memulihkan lebih banyak video di kuartal II–melampaui 160 ribu.

loading...