Beranda INFO SEHAT Yuk Kenali 5 Jenis Luka yang Umum Terjadi

Yuk Kenali 5 Jenis Luka yang Umum Terjadi

Ada banyak jenis luka, karena penyebabnya pun beragam. Karena itu, kita harus berhati-hati agar tak terjadi kecelakaan. Jika pun terjadi, maka kita harus segera mengobatinya agar tak terjadi infeksi.

Untuk itu kita perlu mengetahui jenis luka yang kita alami, karena berbeda luka maka berbeda pula perlakuannya. Alodokter menyebut ada lima jenis luka yang umum ditemui.

1. Avulasi atau luka koyak

Luka Janis ini biasanya akan mengeluarkan darah dalam jumlah besar dan cepat karena robeknya sebagian atau seluruh kulit dan jaringan di bawahnya. Maka dari itu, sudah pasti dibutuhkan penangan cepa dari medis semisal jahitan.

Avulasi bisa terjadi karena kecelakaan berat, ledakan, perkelahian, atau tembakan.

injured2

2. Luka tusuk

Luka tusuk disebabkan oleh benda tajam. Tusukan yang terlalu dalam bisa melukai organ dalam. Semakin besar dan dalam tusukan maka akan semakin banyak darah yang keluar.

Bila Anda terluka karena benda kotor seperti pisau berkarat, segera periksa ke okter, karena benda kotor bisa menyebabkan tetaus. Dokter akan melakukan perawatan luka untuk mencegah infeksi, dan memberikan vaksinasi tetanus bila diperlukan.

 

injured3

3. Laserasi atau luka robek

Luka robek bisa berupa luka gores ringan, bisa juga berupa luka yang dalam dengan bentuk tidak teratur. Luka ini sering ditemukan pada kecelakaan saat berkendara atau kerja, misalnya akibat mesin.

Kedaruratan penanganan luka ini, tergantung kepada berat-ringannya perdarahan dan bagian tubuh yang terkena.

jenis luka

4. Luka sayat atau insisi

Benda yang pipih dan tajam, seperti silet, pecahan kaca, pisau, atau bahkan kertas bisa menyebabkan luka sayat. Selain itu, luka sayat juga bisa disebakan oleh prosedur pembedahan.

5. Luka baret atau abrasi

Abrasi terjadi ketika kulit bergesekan atau menggores permukaan kasar atau keras. Luka jenis ini tidak menimbulkan banyak perdarahan, dan lebih segera dibersihkan untuk encegah infeksi.