Posyandu SBB Palimo Kota Padang Masuk 5 Besar, Berpeluang Jadi yang Terbaik di Sumbar

- Advertisement -
Posyandu Semai Benih Bangsa (SBB) Palimo berhasil masuk dalam nominasi 5 besar Kategori Kota dalam Lomba Posyandu tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Pencapaian ini menambah prestasi Posyandu SBB Palimo yang sebelumnya meraih Juara I Tingkat Kota Padang dalam Lomba Kader Posyandu tahun 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, menyampaikan apresiasinya atas pencapaian ini. Ia berharap penilaian ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan, tetapi juga sebagai sarana pembinaan, evaluasi, dan motivasi bagi kader Posyandu untuk terus berkarya secara ikhlas dan tuntas.

“Alhamdulillah, Posyandu SBB Palimo masuk 5 besar kategori kota dalam Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Sumbar. Hari ini dilakukan penilaian lapangan. Kami yakin dan percaya tim kota, kecamatan, dan Kelurahan Cupak Tangah telah berusaha maksimal, bahu membahu bersama warga, sehingga mengoptimalkan peran dan fungsi kader Posyandu dalam pembangunan di Kota Padang,” ujar Andree Algamar di Posyandu SBB Palimo, Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang, pada Jumat (5/7/2024).

Pj Ketua TP PKK Kota Padang, Vanny Andree Algamar, juga optimis bahwa Posyandu Semai Benih Bangsa Palimo mampu meraih gelar terbaik di tingkat Sumatera Barat. Ia menegaskan bahwa inovasi yang dilakukan oleh Posyandu ini telah memberikan dampak nyata bagi masyarakat sekitar.

Salah satu inovasi yang dibanggakan adalah “Mamud” (Mama Muda), yang merupakan wadah perkumpulan dan silaturahmi bagi ibu-ibu muda di Komplek Palimo Indah. Selain itu, program “Pematur” (Pemberian Makanan Tambahan dari Donatur) juga menjadi andalan, di mana bayi dan balita mendapatkan makanan tambahan sehat dan bergizi setiap kali ada kegiatan Posyandu.

Inovasi lainnya termasuk “Forsan” (Forum Sasaran Posyandu), yang membentuk grup WhatsApp untuk memberikan informasi dan konseling kepada ibu-ibu sasaran Posyandu. Ada juga “Kelas Ayah,” di mana para ayah turut berperan aktif mendampingi istri mereka dalam memeriksakan kesehatan balita di Posyandu.

Menanggapi hal ini, Quartita Evari Hamdani, Ketua Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Sumbar, menyatakan bahwa penilaian lapangan ini bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi riil serta program dan inovasi yang dilakukan oleh kader Posyandu SBB. Hasil penilaian ini akan menentukan peringkat juara dalam ajang penilaian kader Posyandu berprestasi tingkat Sumbar tahun 2024. Juara pertama nantinya akan mewakili Sumbar ke tingkat nasional.

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA