Pj Wali Kota Padang Apresiasi Keberhasilan Gernas Bulan Cinta Laut dalam Menjaga Kelestarian Laut

- Advertisement -
Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, memberikan apresiasi tinggi terhadap pelaksanaan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (Gernas BCL) di Kota Padang. Gerakan ini dinilai penting dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan laut dan mengurangi sampah plastik.

“Terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah memilih Kota Padang untuk ketiga kalinya sejak 2022 sebagai lokasi pelaksanaan Gernas BCL. Ini sejalan dengan misi Pemko Padang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan kebijakan pembangunan perikanan tangkap,” ujar Andree dalam sambutannya pada penutupan Gernas BCL 2024 di kawasan wisata Pantai Air Manis, Kamis (11/7/2024).

Andree Algamar menekankan bahwa Gernas BCL merupakan momen penting bagi Kota Padang yang dikenal dengan kekayaan lautnya. Melalui gerakan ini, diharapkan para nelayan dapat terus menjaga laut dari sampah plastik dan mengelola sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

“Semoga aksi ini berlanjut dan menjadi komitmen bersama kita untuk menjaga kelestarian laut,” imbuh Andree.

Sekdaprov Sumbar, Hansastri, berharap Gernas BCL dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama nelayan, dalam menjaga kesehatan laut dan keberlanjutan sumber daya laut. Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (P4K) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Muhammad Yusuf, juga mengungkapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar, Pemko Padang, dan semua pihak yang mendukung pelaksanaan Gernas BCL 2024.

“Kota Padang merupakan salah satu dari 22 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih sebagai pelaksana Gernas BCL 2024, yang berlangsung dari 2 Mei hingga 10 Juli 2024. Selama periode ini, nelayan terlibat dalam pengumpulan sampah di pesisir pantai dan laut,” jelas Yusuf.

Gernas BCL di Kota Padang juga mencakup aksi bersih-bersih pantai serta pemberian bimbingan teknis kepada nelayan tentang cara mengelola sampah menjadi bernilai ekonomis. Pada pelaksanaan tahun 2023, Kota Padang berhasil mengumpulkan 26,48 ton sampah, menjadikannya sebagai lokasi teraktif kedua dalam pelaksanaan Gernas BCL di tingkat nasional.

“Harapan kami, tahun ini capaian tersebut dapat meningkat dengan semakin banyaknya nelayan yang berpartisipasi,” pungkas Yusuf, didampingi Kepala UPT Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSDPL) Padang, Fajar Kurniawan.

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA