MR DIY di Hari Sumpah Pemuda 2024, Dorong Generasi Muda Cerdas Finansial untuk Wujudkan Indonesia Sejahtera.

- Advertisement -
MR DIY sebagai pemimpin ritel peralatan rumah tangga terbesar dengan pertumbuhan tercepat kembali memperkokoh komitmennya dalam menciptakan dampak sosial positif melalui berbagai inisiatif inklusif.

Kali ini, menyambut peringatan Sumpah Pemuda, MR DIY menghadirkan pelatihan literasi keuangan bertajuk “Ada Aja Idenya: Anti Boncos Akhir Bulan”, yang dirancang khusus untuk para mahasiswa sebagai bagian dari kampanye nasional “Ada Aja Idenya”.

Kegiatan ini diselenggarakan pada 17 Oktober 2024 dalam rangkaian Festival Bulan Bahasa Indonesia (Falasido) Jilid XVIII di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, dan dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa. Inisiatif ini hadir sebagai bentuk nyata kontribusi MR DIY dalam meningkatkan literasi keuangan generasi muda, yang merupakan tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

MR DIY

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dipantau MR DIY, indeks literasi keuangan pada kelompok pelajar/mahasiswa hanya mencapai 56,42%. Realitas global turut menunjukkan cerita yang sama. Menurut The Student Financial Wellness Survey (SFWS) 2022, hampir tiga dari empat mahasiswa di dunia masih berjuang menghadapi kesulitan keuangan.

Lebih jauh lagi, pengelolaan keuangan yang buruk ternyata memiliki dampak serius tidak hanya pada kondisi finansial, tetapi juga kesehatan mental. National Health Service (NHS) di Inggris menyebutkan bahwa masalah keuangan dapat memicu kecemasan, mengganggu tidur, menurunkan kepercayaan diri, dan meningkatkan tingkat stres. Dalam konteks Indonesia, literasi finansial ini semakin relevan karena negara sedang memasuki fase bonus demografi, di mana generasi muda produktif memegang peran krusial sebagai motor penggerak ekonomi nasional.

Ria Sutrisno, Head of Marketing MR DIY Indonesia menjelaskan “Generasi muda Indonesia, khususnya mahasiswa, adalah penggerak utama perekonomian kita. Oleh karena itu, kami melihat momentum Sumpah Pemuda ini sebagai saat yang tepat untuk memberikan pelatihan keuangan guna membekali mereka dengan pengetahuan praktis dalam mengelola keuangan. Inisiatif ini sejalan dengan kampanye ‘Ada Aja Idenya’ yang kami rancang untuk mempermudah hidup mereka, baik di dalam maupun di luar ruang kuliah, dengan produk hemat dan berkualitas.”

MR DIY

Pelatihan keuangan ”Ada Aja Idenya: Anti Boncos Akhir Bulan” ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan oleh MR.DIY dalam mendukung kesejahteraan finansial masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa. Selain itu, MR.DIY juga terus berupaya menyediakan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dengan harga hemat, pilihan barang yang lengkap di toko-toko yang berlokasi dekat dan mudah terjangkau.

Dalam acara ini, MR DIY bekerja sama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan sesi edukasi literasi keuangan untuk mahasiswa, dengan narasumber Emerging Business Banking (EBB) Liabilities & Fee Income Product, and Performance Head CIMB Niaga Yunita Chandrawati.

“Kolaborasi CIMB Niaga dan MR DIY dalam meningkatkan literasi keuangan serta digital melalui kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam membangun fondasi keuangan yang lebih kuat bagi generasi muda. Dengan literasi finansial yang baik, generasi muda akan lebih siap mengelola keuangan, merencanakan masa depan, dan berkontribusi lebih besar pada perekonomian nasional. CIMB Niaga sebagai bank yang memiliki produk dan layanan lengkap siap mendukung generasi muda dalam mengejar dan mewujudkan mimpinya. Di antaranya melalui layanan berbasis digital seperti mobile banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks, didukung dengan beragam fitur yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja,” ujar Yunita.

MR DIY

“Kami berharap acara ini dapat bermanfaat bagi para mahasiswa dan generasi muda, sebagaimana MR.DIY selalu membantu memenuhi kebutuhan mereka lewat 18.000 produk dari 10 kategori, terutama kategori yang berguna untuk mereka seperti alat tulis & olahraga, aksesoris komputer & handphone, sampai perabotan yang bisa mereka andalkan dengan harga yang selalu terjangkau,” tutup Ria kepada media.

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA