Bunga Rafflesia Mekar di Taman Nasional Kerinci Seblat

rafflesia Arnoldii
Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) kini dihiasi mekarnya Bunga Rafflesia jenis Gadutensis. Bunga itu mekar di Nagari Sungai Gambir Sako Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

 

Polisi Kehutanan Balai Besar TNKS, Rika Putra Abbas mengatakan, pihaknya akan membatasi pengunjung yang akan datang ke lokasi.

Salah satu cara yang paling efektif ialah dengan membatasi pengunjung yang akan datang ke lokasi, serta tidak membersihkan lokasi secara berlebihan,” kata Rika Putra, Selasa (24/8/2021).

Rika menambahkan, dirinya juga akan melakukan koordinasi dengan wali nagari (kepala desa), tokoh masyarakat setempat.

“Usai memastikan kondisi lapangan kami langsung berkoordinasi dengan wali nagari, dan tokoh masyarakat agar bersama-sama menjaga kelestarian bunga termasuk habitatnya,” kata dia.

Lebih lanjut Rika menambahkan, sudah dua kali bunga Rafflesia dengan jenis yang sama juga mekar di lokasi.

“Selain itu kami juga memperkirakan tidak lama lagi akan kembali mekar empat knop atau bonggol bunga sejenis,” ungkapnya.

Untuk diketahui, bunga Rafflesia merupakan jenis tumbuhan yang dilindungi, sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya, sehingga keberadaannya terus dipantau, dan dijaga agar tetap lestari.(Kay)

 

 

 

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments