Beranda DAERAH Kebakaran Di Pasaman Barat, 2 Rumah dan Bangunan Sarang Walet Ludes

Kebakaran Di Pasaman Barat, 2 Rumah dan Bangunan Sarang Walet Ludes

Kebakaran
Ilustrasi
Dua rumah di Jorong Teluk Embun, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat terbakar pada Minggu (9/1) sore.

Selain itu, sebuah rumah untuk bangunan sarang burung walet juga ikut ludes di dalam kebakaran yang diketahui pukul pukul 17.15 WIB tersebut.

Pemilik rumah bernama Tamrin (58) tahun mengalami kerugian sekitar Rp 300 juta. Rumahnya yang berukuran 7×12 meter yang selama ini ia tempati bersama enam orang anggota keluarga lainnya, ludes terbakar.

Kemudian, Rohima, 70 tahun rumahnya yang berukuran 8×15 meter juga dilalap si jago merah dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp350 juta. Saat ini ia bersama lima orang anggota keluarganya terpaksa harus mengungsi ke tempat saudaranya.

Sedangkan, pemilik sarang burung walet dengan ukuran 6×8 meter bertingkat tiga juga terbakar. Bangunan itu diketahui milik Arsad Lubis (65) tahun yang merupakan pensiunan Polri dan mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp 600 juta.

“Api begitu cepat menyebar karena sebagian besar rumah terbuat dari kayu sehingga sulit untuk dipadamkan,” kata relawan Palang Merah Indonesia Kecamatan Lembah Melintang, Wafriman Matondang, Minggu (9/1) malam.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun para korban terpaksa harus mengungsi dikarenakan rumah mereka hanya tinggal puing-puing.

“Pemadaman api dilakukan bersama-sama oleh masyarakat, TNI, dan Polri serta tim Pemadam Kebakaran,” tuturnya.

Dugaan sementara, kata Wafriman, kebakaran ini disebabkan oleh adanya hubungan pendek arus listrik di salah satu rumah yang terbakar. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan selalu memperhatikan jaringan listrik di dalam rumah.

“Pastikan arus listrik yang ada di dalam rumah dalam keadaan aman dan lepaskan semua aliran listrik ke perabotan yang ada sebelum meninggalkan rumah agar hal serupa ini tidak terjadi,” pungkasnya.(Kay)

Iklan
Artikulli paraprakSeorang Bocah Di Agam Tewas Terlindas Truk
Artikulli tjetërViral, Petarung Samurai di Sumbar Ditangkap Polisi