Beranda PERISTIWA Kerbau Milik Warga Tulangbawang Mati Mendadak

Kerbau Milik Warga Tulangbawang Mati Mendadak

kerbau milik warga
Sebanyak lima ekor kerbau milik warga Kecamatan Gedungaji, Tulangbawang, mati mendadak. Hingga saat ini, penyebab kematian mendadak kerbau belum diketahui secara pasti.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang, Nasib mengaku telah melaporkan peristiwa tersebut ke Dinas Peternakan Provinsi Lampung dan Balai Veteriner Lampung.

“Dijadwalkan Kamis 4 Agustus 2022 tim kesehatan hewan setempat bersama petugas Dinas Peternakan Provinsi Lampung dan Balai Veteriner Lampung akan mengambil sampel untuk diteliti,” kata Nasib, Rabu, 3 Agustus 2022.

Menurut Nasib, pihaknya mengetahui peristiwa tersebut dari laporan peternak yang datang ke kantor Dinas Pertanian setempat.

“Kita belum bisa menyimpulkan apakah mati karena PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) atau bukan. Besok baru kita turunkan tim dari Provinsi untuk ambil sampel,” kata dia.

Namun, sejauh ini dia memastikan penyebab kematian mendadak kerbau bukan karena penyakit Jembrana. Sebab penyakit ini hanya menyerang sapi bali.

Nasib mengatakan peristiwa serupa juga pernah terjadi pada awal tahun 2021 lalu, akibatnya banyak kerbau mati mendadak. Setelah diteliti ternyata diakibatkan oleh bakteri.

Artikulli paraprakJalan Bandar Lampung Terendam Banjir
Artikulli tjetërTimnas Indonesia U16 Geser Vietnam di Puncak Klasemen Group A Piala AFF U-16