Pengembangan UMKM, Menteri Koperasi Setujui Usulan Bupati Rusma Yul Anwar

MENTERI KOPERASI
Menteri Koperasi (Menkop) dan UMKM Teten Masduki menyetujui usulan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar soal pengembangam ekonomi kerakyatan di deerah itu.

Bupati Rusma Yul Anwar, menyampaikan, usulan itu antara lain pembangunan Pusat Layanan Umum Terpadu (PLUT) dan pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB).

“Usulan telah kami serahkan dan diterima langsung menteri. Kementerian setuju,” ungkap Bupati usai bertemu Menteri Teten Masduki di kantornya, Jakarta, Senin 5 April 2021.

Dalam pertemuan itu, lanjut Bupati, Menteri UMKM yang juga mantan Ketua Indonesia Coruption Watch (ICW) itu juga berjanji bakal datang melihat langsung pelaku UMKM di Negeri Sejuta Pesona.

Bupati juga menyampaikan situasi ekonomi yang melanda masyarakat sejak merebaknya Covid-19 sejak setahun silam. Hampir semua sektor usaha mengalami kelumpuhan. Sebagian besar adalah UMKM.

Kondisi itu dipersulit dengan susahnya akses pembiayaan bagi pelaku usaha untuk bisa kembali bangkit kembali. “Karenanya kami minta dukungan dari pemerintah pusat melalui kementerian,” terang Bupati.

Ke depan, ulas Bupati, Pemerintah daerah bakal menjadikan koperasi dan UMKM berbasis kearifan lokal sebagai soko guru perekonomian daerah. Hal itu sesuai karakteristik dunia usaha di Pessel yang mayoritas berklasifikasi UMKM.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020, populasinya tercatat lebih dari 5.000 unit dalam bentuk berbagai usaha. Mereka tersebar di 15 kecamatan yang ada.

Sementara, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki mengungkapkan bakal menyetujui usulan Pembangunan BLUT. Menteri juga berkomitmen membantu akses pembiayaan koperasi dan UMKM melalui LPDB.

LPDB merupakan lembaga pembiayaan yang bernaung di bawah kementerian. Dikatakan menteri, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional pihaknya mengupayakan agar sektor UMKM dapat kemudahan akses pembiayaan.

Selain itu, pemerintah pusat juga sedang mengupayakan agar perbankan juga mempermudah akses pinjaman untuk usaha skala kecil menengah. “Soal kunjungan ke Pesisir Selatan, akan saya jadwalkan,” tutup Menteri Teten.(Kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments